Ketua KPK Firli Bahuri Ditangkap Terkait Korupsi Rp349 Triliun, Ini Faktanya

  • Arry
  • 20 Apr 2023 15:44
Ketua KPK Firli Bahuri(kpk/kpk)

Ketua KPK Firli Bahuri dikabarkan ditangkap. Dia disebut terbukti terlibat korupsi Rp349 triliun. Ini penjelasannya.

Kabar Ketua KPK Firli Bahuri ditangkap viral di sebuah akun Facebook. Akun tersebut Akun itu membagikan sebuah video berdurasi 10 menit 7 detik pada 18 April 2023 dengan judul:

KETUA KPK DIT4NGK4P, T£RBUKTI IKUT K0RUP$! 349 TRILIUN M!LIK NEGARA

Bagaimana faktanya, ini penjelasannya:

Berdasarkan penelusuran, saat membuka video tersebut, tidak ditemukan informasi Firli Bahuri ditangkap karena korupsi Rp349 triliun.

Narator video hanya membacakan artikel di halaman Kompas.com berjudul: “Firli Diduga Bocorkan Dokumen Penyelidikan, Abraham Samad: Ini Menghancurkan KPK.”

Dalam artikel itu, Abraham Samad menyatakan perbuatan Firli membocorkan dokumen penyelidikan akan menghancurkan instansi KPK. Dokumen yang bocor itu terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM.

Dalam video itu juga menampilkan cuplikan saat Abraham Samad berorasi di depan Gedung KPK. Dalam orasinya, mantan Ketua KPK itu menuntut Dewan Pengawas KPK memberhentikan Firli secara tidak hormat karena dianggap telah melakukan pelanggaran etika.

Kesimpulan

Berdasarkan fakta yang ada, narasi Ketua KPK Firli Bahuri ditangkap karena terlibat korupsi Rp349 triliun adalah hoaks. Judul video tidak sesuai dengan isinya.

Artikel lainnya: Gegara Senggolan Motor, Pengendara Motor Cimahi Ini Tega Pukul Pemuda Hingga Kejang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait