RI Raih Emas Sepak Bola SEA Games: Jokowi Ucapkan Selamat, Akui Sempat Kena Prank

  • Arry
  • 17 Mei 2023 05:56
Presiden Jokowi menyaksikan final SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand. Indonesia akhirnya meraih medali emas usai menang 5-2 atas Thailand. Ini medali emas pertama usai 32 tahun(@jokowi/instagram)

Indonesia akhirnya kembali meraih medali emas SEA Games di cabang sepak bola. Ini medali emas pertama Merah Putih setelah terakhir kali diraih pada SEA Games 1991.

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada skuat Garuda yang sukses meraih medali emas SEA Games. Jokowi menyebut ini momen bersejarah setelah 32 tahun penantian

"Sangat happy banget, karena Indonesia-Thailand 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara, kelihatan sekali ada. Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara, 32 tahun kita menunggu," kata Jokowi seperti disiarkan YouTube Setpres, Rabu, 17 Mei 2023.

Jokowi pun menceritakan ketegangannya menyaksikan permainan Rizky Ridho Cs saat melawan Thailand. Dia pun mengaku juga sempat terkena prank wasit di penghujung babak kedua.

Baca juga
Akhiri Puasa 32 Tahun, Indonesia Raih Emas Sepak Bola SEA Games

Jokowi mengaku kaget dan sudah terlanjur bersalaman dengan penonton lainnya. Sebab mengira Indonesia sudah menang dengan skor 2-1 tanpa harus lanjut ke extra time.

"Waduh sudah teriak-teriak, lihat gol teriak-teriak, lompat-lompat, kan liat saya dengan paspampres, lompa-lompat, teriak-teriak, tadi yang 2-2 tadi, sudah salamin semuanya, tapi alhamdulilah kita syukuri, ini sebuah proses yang panjang. Selamat selamat selamat," ujar Jokowi.

"Karena memang sebelumnya saya juga keliru juga, sudah nyalamin sudah selamatin, nggak tahunya masih main dan gol, kaget juga," ucap Jokowi.

Baca juga
Babak I Indonesia vs Thailand 2-0, Ramadhan Sananta Cetak Brace

"Tapi selamat kepada seluruh pemain, pelatih, official semua. Ini kerja bertahun-tahun, berkesinambungan, kompetisinya kemudian masuk ke training camp, saya kira ini sangat bagus sekali," lanjut Jokowi.

Indonesia mengalahkan Thailand 5-2 dalam pertandingan penuh drama dan hujan kartu merah dan kuning. Pertandingan final SEA Games 2023 ini digelar di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Selasa, 16 Mei 2023.

Lima gol Indonesia dicetak Ramadhan Sananta masing-masing di menit ke-20 dan 45+4, Irfan Jauhari di menit ke-91, Muhammad Fajar di menit ke-106, serta Bekcham Putra di menit ke-119. Thailand memperkecil ketertinggalan di babak kedua melalui Anan Yodsangwal di menit ke-64 dan Yotsakon Burapha pada 90+5.

Artikel lainnya: PDIP Bakal Pasangkan Ganjar dengan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar, Ini Kata JK

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait