Akhiri Puasa 32 Tahun, Indonesia Raih Emas Sepak Bola SEA Games

  • Arry
  • 16 Mei 2023 22:21
Timnas U-22 Indonesia di ajang SEA Games 2023(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia akhirnya mengakhiri puasa selama 32 tahun. Indonesia behasil meraih emas cabang sepak bola SEA Games 2023.

Kepastian ini terjadi usai skuat Merah Putih mengalahkan Thailand 5-2 di babak final SEA Games 2023.Pertandingan ini diwarnai hujan kartu kuning dan kartu merah.

Duel Timnas U-22 Indonesia vs Thailand digelar di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Selasa, 16 Mei 2023.

Gol Indonesia dicetak brace Ramadhan Sananta masing-masing di menit ke-20 dan 45+4, serta Irfan Jauhari di menit ke-91, dan Muhammad Fajar di menit ke-106, serta Bekcham Putra di menit ke-119. Thailand memperkecil ketertinggalan di babak kedua melalui Anan Yodsangwal di menit ke-64.

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia memulai pertandingan denganlangsung menyerang. Di menit awal, Marselino Ferdinan sudah mengancam gawang Thailand. Namun tendangannya masih belum tepat sasaran.

Pada menit ke-6, serangan balik Thailand membuat pertahanan Indonesia kalang kabut. Kiper Ernando Ari terpaksa keluar dari sarangnya untuk menghentikan laju Achitpol Keereerom.

Wasit pun memberikan hukuman kartu kuning untuk Ernando Ari.

Indonesia membuka keunggulan di menit ke-20. Bermula dari lemparan Alfeandra Dewangga, bola kemudian disundul Ramadhan Sananta dan bola mengenai lutut pemain Thailand sebelum masuk ke gawang.

Di masa injury time, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Gol kembali dicetak Sananta.

Gol bermula dari tendangan jarak jauh dari Rizky Ridho, bola kemudian diterima Sananta yang langsung melakukan tembakan spekulasi. Bola melambung dan gagal dihalau kiper Thailand.

Babak pertama Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor 2-0.

Di babak kedua, Thailand tampil lebih menyerang. Beberapa kali peluang masih bisa dimentahkan pertahanan Indonesia.

Upaya Thailand menipiskan ketertinggalan terjadi di menit ke-64. Gol bermula dari sebuah sepak pojok yang kemudian disambut Anan Yodsangwal. Bola meluncur ke gawang Indonesia. Skor Indonesia vs Thailand berubah 2-1.

Usai gol tersebut, Indonesia langsung bereaksi. Tembakan Fajar dari luar kotak penalti masih melebar di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-86, Witan Sulaeman yang sudah berhadapan dengan kiper gagal meneruskan bola ke gawang. Tendangannya masih melebar.

Di masa injury time, Thailand berhasil menyamakan kedudukan. Yotsakon Burapha membuat skor menjadi 2-2.

Gol ini sempat diprotes tim Indonesia. Sebab, perpanjangan waktu selama tujuh menit sudah berakhir. Namun wasit asal Oman tetap mengesahkan gol tersebut. Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu 2X15 menit.

Indonesia akhirnya kembali unggul di menit ke-91. Memanfaatkan kesalahan dari bek Thailand, Irfan Jauhari langsung membuat gol dan unggul 3-2.

Sempat terjadi kericuhan di bangku cadangan. Wasit mengajar kartu merah untuk bek Indonesia Komang dan kiper Thailand Soponwit. Selain itu oficial dari Thailand dan Indonesia juga diusir dari pinggir lapangan. .

Pertandingan kembali dilanjutkan usai terhenti selama seitar 7 menit. Indonesia dan Thailand sama-sama bermain dengan 10 orang.

Di menit ke-101, Thailand harus bermain dengan 9 pemain. Usai bek Khemdee menerima dua kartu kuning.

Menit ke-104 Bagas mendapatkan peluang di dalam kotak penalti. Namun tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Muhammad Fajar memperlebar keunggulan Indonesia di menit ke-106. Tendangan melengkung dari luar kotak penalti membawa Indonesia unggul 4-2.

Thailand harus bermain dengan 7 orang di menit ke-117. Usai satu pemain menerima dua kartu kuning dan lainnya mengalami cedera.

Beckham Putra memastikan Indonesia meraih medali emas usai mencetak gol di menit ke-119.

Indonesia akhirnya memenangi pertandingan usai menang 5-2. Ini medali emas pertama Indonesia setelah SEA Games 1991.

Susunan Pemain:

Indonesia: Ernando Ari; Bagas Kaffa,Rizky Ridho, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga,Haykal Hafiz;Fajar Fathur Rachman, Marselino Ferdinan, Muhammad Taufany, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta.

Thailand: Soponwit Rakyart; Bukkoree Lemdee, Chatmongkol Rueangthanarot, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunpasuch; Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom.

Artikel lainnya: Resep Bebek Bumbu Hitam Khas Madura, Nikmat dan Bikin Nagih

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait