RIP, Mantan PM Italia dan Eks Presiden AC Milan Silvio Berlusconi Meninggal Dunia

  • Arry
  • 12 Jun 2023 16:40
Mantan PM Italia dan bekas Presiden AC Milan Silvio Berlusconi meninggal dunia(ac milan/acmilan.com)

Silvio Berlusconi awalnya dikenal sebagai raja media dan hiburan di Italia. Selain itu, pria kelahiran Milan, 29 September 1936, itu pun menjadi Presiden AC Milan, salah satu klub sepak bola tersukses di Italia.

Sukses membangun bisnis dan sepakbola, Berlusconi kemudian terjun ke politik. Dia pun mendirikan partai yang dinamakan Forza Italia.

Partai itu pun kemudian dijadikan kendaraan politik dia untuk maju dalam pemilu 1994. Berlusconi kemudian terpilih menjadi perdana menteri. Usai terpilih, dia menanggalkan jabatannya sebagai Presiden AC Milan.

Namun, usia pemerintahan Berlusconi hanya berusia tujuh bulan. Dia kemudian diganti lantaran mendapatkan perlawanan dari koalisi pemerintahannya.

Karier politik Berlusconi tak berhenti di situ. Pada 2001, dia kembali terpilih menjadi PM Italia hingga 2006. Dan pada Pemilu 2008, Berlusconi kembali terpilih menjadi perdana menteri untuk ketiga kalinya.

Berlusconi kemudian diterpa sejumlah isu mulai dari korupsi hingga pelecehan. Berlusconi pun dijatuhi vonis 7 tahun penjara atas berbagai tuduhan.

Usai lepas dari penjara, Berlusconi kembali ke dunia sepakbola. Dia kemudian membeli sebuah klub kecil di Milan, AC Monza, pada 2018.

Rest in Peace Silvio Berlusconi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait