KPK Usut Korupsi Kementerian Pertanian, Menteri Syahrul Yasin Limpo Diduga Terlibat

  • Arry
  • 14 Jun 2023 19:47
Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian yang juga politisi Partai Nasdem(bpmi setpres/setkab.go.id)

Komisi Pemberantasan Korupsi tengah mengusut kasus korupsi di Kementerian Pertanian. Nama Menteri Syahrul Yasin Limpo pun mencuat karena disebut ikut terlibat kasus tersebut.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu, mengakui kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

"Saat ini masih proses lidik (penyelidikan)," kata Asep Guntur dalam keterangannya, Rabu, 14 Juni 2023.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Ali Fikri menjelaskan, KPK sudah meminta keterangan terhadap sejumlah pihak terkait kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI," kata Ali Fikri.

Ali menjelaskan, kasus ini bermula dari laporan masyarakat yang diterima KPK. "Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya," kata Ali.


Nama Mentan Syahrul Yasin Limpo terseret

Sebuah akun Instagram @pedeoproject mengungkapkan, KPK bakal menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka.

Dalam unggahannya, akun tersebut menyebut, politisi Partai Nasdem itu bakal ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan penyalahgunaan SPJ, gratifikasi, dan suap.

"Dalam informasi terbatas itu disebutkan bahwa SYL (Syahrul Yasin Limpo) selaku Menteri Pertanian 2019-2024 bersama-sama dengan KSD (Sekjen Kementerian Pertanian 2021 s/d sekarang) dan HTA (Direktur Pupuk Pestisida 2020-2022/Direktur Alat Mesin Pertanian tahun 2023) telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi (TPK)," tulis akun Instagaram @pedeoproject.

Artikel lainnya: Proyek Sirkuit Mandalika Masih Punya Utang Rp4,6 Triliun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait