Fakta Hilangnya Kapal Selam Wisata Titanic: Kronologi Hingga Kendala Pencarian

  • Arry
  • 21 Jun 2023 16:22
Kapal Selam Wisata Titanic yang hilang di Newfoundland(@TheBrianMcManus/twitter)

Kapal selam wisata Titanic hilang di Samudera Atlantik pada Minggu, 19 Juni 2023. Hingga kini, kapal yang sedang mengangkut 5 penumpang itu belum juga ditemukan.

Upaya pencarian dan penyelamatan terus dilakukan. Tim pun berkejaran dengan waktu sebab sisa oksigen hanya bertahan selama 4 hari saja.

Berikut fakta-fakta yang terungkap dari hilangnya kapal selam wisata Titanic:

1. Kronologi hilangnya kapal selam wisata Titanic

Melansir New York Post, kapal selam wisata Titanic memulai perjalanan pada Minggu, 19 Juni 2023 puul 04.00 pagi waktu setempat. Tujuannya adalah ke lokasi bangkai kapal Titanic yang karam di Samudera Atlantik.

Perjalanan dimulai dari St John's, Newfoundland. Kapal itu akan menyelam di kedalaman 3.500 meter atau 12.500 kaki di bawah air dengan waktu sekitar 10 jam.

Setelah sekitar 1 jam 45 menit menyelam, kapal tersebut hilang kontak dengan kapal induk. Komunikasi terakhir antara kapal dengan staf OceanGate di permukaan terjadi pada pukul 11:47.

Kapal selam wisata Titanic itu seharusnya muncul di permukaan pada pukul 18.10. Namun, kapal tersebut tak kunjung muncul ke permukaan.

2. Ada lima penumpang di kapal selam wisata Titanic, termasuk miliarder Inggris

Pihak Ekspedisi OceanGate memastikan, anggota kru mereka berada di kapal selam tersebut. Selain itu, ada lima penumpang di kapal wisata Titanic itu.

Mereka adalah miliarder Inggris Hamish Harding (58), pengusaha kelahiran Pakistan Shahzada Dawood (48) serta putranya, Sulaiman, seorang penyelam Perancis, dan pakar Titanic Paul-Henri Nargeolet. Satu kru lainnya adalah CEO OceanGate, Stockton Rush.

Untuk mengikuti wisata tur bangkai Titanic, para penumpang harus membayar tiket sebesar US$ 250 ribu.

3. Upaya penyelamatan

Usai diberitakan hilang kontak, otoritas Kanada dan Amerika Serikat langsung melakukan pencarian. Pihak militer Kanada menggunakan pelampung sonar untuk mendengarkan suara kapal selam wisata itu.

Hingga Selasa, 20 Juni 2023, kapal selam wisata Titanic belum juga ditemukan. Sementara sisa oksigen tersisa 40 jam saja.

Muncul sejumlah prediksi, kapal selam wisata itu karam di dasar laut. Hal ini pun akan membuat penyelamatan menjadi sulit karena kondisi alam yang ekstrem.

4. Kendala tim penyelamat

Melansir Daily Mail, Laksamana Muda John Mauger dari Penjaga Pantai AS mengatakan, tim penyelam telah dikerahkan untuk menemukan kapal selam wisata Titanic itu.

"Ini adalah daerah terpencil dan merupakan tantangan untuk melakukan pencarian di daerah itu," kata dia.

Mereka menduga kapal selam itu terjebak di reruntuhan bangkai Titanic yang tenggelam. Sementara, tim penyelam mengalami kesulitan untuk menjangkau bangkai kapal itu.

Artikel lainnya: Selamat Ulang Tahun Jokowi, Ini Profilnya: dari Tukang Mebel Hingga Jadi Presiden

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait