Selamat Ulang Tahun Jokowi, Ini Profilnya: dari Tukang Mebel Hingga Jadi Presiden

  • Arry
  • 21 Jun 2023 13:58
Presiden Joko Widodo(sekretariat presiden/youtube)

Presiden Joko Widodo ulang tahun. Pada 2023 ini adalah ulang tahun ke-62 Jokowi.

Berikut profil lengkap Jokowi

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Jokowi adalah anak pertama dari empat bersaudara. Dia memiliki tiga adik yang semuanya perempuan yakni Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Semasa kecil, Jokowi hidup sangat sederhana. Bahkan dia pernah beberapa kali pindah rumah karena tempat tinggalnya digusur.

Jokowi juga kerap membantu keuangan orangtuanya dengan cara menjadi pengojek payung hujan, kuli panggul, dan jualan aneka barang. Uang dari pekerjaannya itu dia gunakan untuk biaya sekolah.

Jokowi tercatat menempuh pendidikan dasar di SDN III Tirtoyoso Solo, kemudian melanjutkan ke SMPN I Solo, lalu ke SMAN 6 Solo. Jokowi juga tercatat sebagai lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Tak lama lulus kuliah pada 1985, Jokowi langsung menikahi Iriana di Solo. Dia pun tercatat pernah bekerja di salah satu BUMN, PT Kertas Kraft Aceh. Dia ditempatkan di area hutan pinus Merkusii, Aceh Tengah.

Namun, saat Iriana mengandung tujuh bulan, Jokowi memutuskan kembali ke Solo. Dia kemudian bekerja di tempat pamannya di perusahaan mebel.

Berbekal pengalamannya di tempat pamannya itu, Jokowi mendirikan usaha sendiri dengan nama CV Rakabu, nama ini diambil dari nama anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka.

Ternyata bisnis ini tak berjalan mulus. Dia sempat mendapat pinjaman modal dari ibunya untuk kembali membangkitkan usaha mebelnya itu.

Secara perlahan bisnis mebel Jokowi bangkit. Dia pun mulai mengekspor mebel dari perusahannya ke luar negeri.

Sukses jadi pengusaha mebel, Jokowi kemudian terjun ke dunia politik. Dia pun langsung terjun dalam Pilkada Solo 2005. Pada kesempatan pertamanya di dunia politik ini, Jokowi langsung terpilih menjadi Wali Kota Solo periode 2005-2010.

Pada Pilkada Solo 2010, Jokowi kembali terpilih untuk kedua kalinya. Namun, baru dua tahun menjalani pemerintahan periode kedua, Jokowi dipilih PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2012.

Jokowi pun kembali memenangi pemilu untuk ketiga kalinya. Dalam Pilgub DKI Jakarta 2012, Jokowi terpilih sebagai Gubernur Jakarta periode 2012-2017.

Karier politik Jokowi makin melejit. Baru dua tahun Jokowi memimpin Jakarta, PDIP kemudian mencalonkan bekas Wali Kota Solo itu untuk maju dalam Pilpres 2014.

Hasilnya, Jokowi memenangi pemilunya yang keempat dia ikuti. Jokowi terpilih menjadi Presiden untuk periode 2014-2019. Saat Pilpres tersebut Joko Widodo terpilih bersama pasangannya, Jusuf Kalla.

Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2019. Kali ini dia didampingi KH Ma’ruf Amin.

Berikut biografi lengkap Presiden Jokowi:

Lahir: Surakarta, 21 Juni 1961
Istri: Iriana

Anak:

  • Gibran Rakabuming Raka
  • Kahiyang Ayu
  • Kaesang Pangarep

Menantu:

  • Selvi Ananda (Istri Gibran Rakabuming Raka)
  • Bobby Nasution (Suami Kahiyang Ayu)
  • Erina Gudono (Istri Kaesang Pangarep)

Cucu:

  • Anak Gibrang Rakabuming Raka dan Selvi Ananda:
    - Jan Ethes Srinarendra
    - La Lembah Manah
  • Anak Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution:
    - Sedah Mirah Nasution
    - Panembahan Al Nahyan Nasution
    - Panembahan Al Saud Nasution

Demikian informasi terkait biografi Jokowi. Selamat ulang tahun Jokowi!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait