Kesan Luhut Jajal Kereta Cepat dengan Kecepatan Hingga 385 Km/Jam: Nyaman, Tak Bising

  • Arry
  • 22 Jun 2023 18:25
Kereta Cepat Jakarta-Bandung(kcic/kcic.co.id)

Menko Bidang kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB. Bagaimana hasilnya?

Luhut menumpang kereta cepat dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang, Kamis, 22 Juni 2023. Perjalanan kemudian dilanjut ke Stasiun Tegalluar. Total memakan waktu 47 menit.

Dalam uji coba kali ini, kecepatan rata-rata Kereta Inspeksi (CIT) KCJB yang ditumpangi Luhut mencapai 355 kilometer per jam. Bahkan kecepatan sempat menyentuh 385 Km per jam.

"Tadi kami mencoba kereta api cepat dari sini sampai ke Padalarang, tadi kita coba kecepatan 350 Km per jam sampai ada sebentar peak-nya di 385 Km per jam," kata Luhut di Jakarta.

Baca juga
Jelang Dioperasikan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Dapat Melesat 300 Km per Jam

"Kemudian dari Tegalluar kita tadi pakai coba feeder-nya dan kemudian balik kemari ke Jakarta," ujarnya.

Perjalanan pulang Luhut dari Stasiun Tegalluar sampai Stasiun Halim membutuhkan waktu sekitar 44 menit tanpa berhenti.

Luhut pun mengungkapkan kesannya menaiki kereta cepat. Menurutnya, kereta ini sangat nyaman karena tidak menimbulkan suara bising.

"Betapa nyamannya naik kereta api ini. Karena menurut saya tingkat suara, kekedapan suara (tidak ada suara bising) kemudian tadi kegoyangannya dan sebagainya itu betul-betul tadi sangat bagus," ucapnya.

Baca juga
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba: Cek Harga, Rute, dan Jadwal Beroperasi

Menurut Luhut, saking nyamannya, dia bisa menggelar rapat bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo, dan jajarannya di dalam kereta.

"Kita bisa rapat di dalam tanpa suara keras dengan suara yang biasa saja. Jadi sangat baik. Ini saya kira loncatan teknologi," kata Luhut.

"Jadi hasil tadi Pak Liu menyampaikan hasil dari pada software yang mereka punya ngetes semua tadi, hasilnya sangat baik," tuturnya.

Artikel lainnya: Heboh Video Syahnaz Sadiqah dan Rendy Kjaernett Bahas Soal Perselingkuhan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait