Jelang Dioperasikan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Dapat Melesat 300 Km per Jam

  • Arry
  • 17 Jun 2023 19:45
Kereta Cepat Jakarta-Bandung(kcic/kcic.co.id)

Pengujian terhadap Kereta Cepat Jakarta Bandung terus ditingkatkan. Kini KCJB sudah dapat melesat dengan kecepatan mencapai 300 kilometer per jam.

Kecepatan itu didapat dalam pengujian yang dilakukan pada Jumat, 16 Juni 2023. Uniknya, uji coba itu dilkaukan dalam kondisi hujan deras.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, pengujian dengan menambah laju kecepatan kereta cepat Jakarta Bandung terus dilakukan.

"Pada pengetesan hari ini, Kereta Inspeksi KCJB mampu menembus kecepatan hingga 300 kpj dengan sangat stabil," kata Emir, Sabtu, 17 Juni 2023.

Pengujian kali ini dilakukan menggunakan CIT alias Kereta Inspeksi. Turut hadir dalam uji coba itu Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajaran terkait lainnya.

Baca juga
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba: Cek Harga, Rute, dan Jadwal Beroperasi

Menurut Emir, capaian kecepatan itu didapat dari adanya sejumlah penyempurnaan dan perbaikan dari sisi teknis. Seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring, dan evaluasi yang dilakukan secara rutin.

Emir menjelaskan, dengan mencapai kecepatan 300 km per jam, KCJB dapat melesat dari Stasiun Bekasi menuju ke Stasiun Tegalluar, Jawa Barat hanya 35 menit.

"Kemarin pengecekan dari Bekasi sampai Tegalluar sekitar 35 menit," kata dia.

Pengujian kecepatan terhadap kereta cepat ini sudah dilakukan beberapa kali. Mulanya, kecepatan kereta masih berkisar 180 km per jam, kemudian naik menjadi 220 km per jam. Dan kini meningkat hingga 300 km perjam.

Baca juga
PT KAI Rilis Aturan Terbaru Naik Kereta Api: Tak Wajib Pakai Masker, Asalkan...

"Pengujian akan terus dilakukan dengan penuh kehati-hatian di mana secara bertahap laju KCJB akan ditingkatkan untuk mencapai puncak kecepatan operasionalnya di 350 kpj hingga puncak kecepatan teknisnya di 385 kpj," ungkap Emir.

"KCIC bersama Kementerian Perhubungan juga terus mempersiapkan sertifikasi sebagai tanda KCJB dioperasikan dengan aman dan sesuai regulasi yang ditetapkan. Dalam hal pengamanan, KCIC juga telah bekerjasama dengan TNI Polri untuk menjaga berbagai titik-titik yang rawan gangguan," terang Emir.

"KCIC bersama seluruh stakeholder terus fokus untuk melakukan pengujian dalam rangka menghadirkan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara yang aman dan nyaman," kata Emir.

Artikel lainnya: Pemobil yang Lindas Pemotor di Cakung Jadi Tersangka, Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait