Profil Komjen Agus Andrianto: Dari Kasus Ahok Hingga Jabat Wakapolri

  • Arry
  • 26 Jun 2023 10:11
Wakapolri Komjen Agus Andrianto(tribratanews/tribratanews.polri.go.id)

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto ditunjuk menjabat sebagai Wakapolri. Dia akan menggantikan posisi Komjen Gatot Eddy Pramono yang masuk masa pensiun.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram rahasia dengan nomor: ST/1393/VI/KEP./2023. Surat telegram itu diteken Kapolri tanggal tertanggal 24 Juni 2023.

Berikut profil Komjen Agus Andrianto

Komjen Agus Andrianto adalah perwira tinggi Polri kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967. Dia adalah lulusan AKABRI 1989. Hingga 2001, Agus banyak berdinas di Pulau Sumatera.

Pada 2001, Agus mulai ditugaskan di Polda Jawa Timur. Lima tahun kemudian, dia ditarik ke Polda Metro Jaya untuk menjabat sebagai Kapolres Tangerang hingga Kapolres Metro Tangerang.

Agus sempat menjabat sebagai Direskrimum Polda Sumatera Utara pada 2009. Setelah itu, dia ditarik untuk bertugas di jajaran Mabes Polri hingga BNN.

Pada 2017, Agus ditugaskan menjabat Wakapolda Sumatera Utara. Dia kemudian naik jabatan menjadi Kapolda Sumatera Utara pada 2018.

Satu tahun menjabat, Agus Andrianto ditugaskan menjadi kabarhakam Polri. Dia menggantikan posisi Firli Bahuri yang terpilih menjadi Ketua KPK.

Prestasi Agus semakin moncer. Pada 2021, Agus naik jabatan menjadi Kabareskrim Polri. Dan dua tahun kemudian, dia ditunjuk sebagai Wakapolri.


Kasus Ahok >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait