Tentara Bayaran Wagner Batal Memberontak ke Rusia, Ini Isi Perjanjian dengan Putin

  • Arry
  • 26 Jun 2023 11:48
Wagner Group, tentara bayaran Rusia(one indian/oneindian.com)

Pasukan tentara bayaran Wagner Group batal memberontak ke Rusia. Pimpinan Yevgeny Prigozhin telah meneken perjanjian dengan Presiden Vladimir Putin. Apa isinya?

Melansir CNN, Yevgeny Prigozhin telah menarik tentara didikannya dari Rusia pada Minggu, 25 Juni 2023. Mereka pun kemudian menuju ke Belarusia. Tindakan Yevgeny itu disebut ditengahi Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko.

"Anda akan bertanya kepada saya apa yang akan terjadi pada Prigozhin secara pribadi?" kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

"Kasus pidana akan dibatalkan terhadapnya. Dia sendiri akan pergi ke Belarusia," ujar Peskov. Dia pun mengklaim tidak mengetahui keberadaan tentara Wagner itu saat ini.

Baca juga
Siapa Wagner Group, Tentara Bayaran yang Serang Balik Rusia

Peskov pun menjamin, pasukan Wagner tidak akan menghadapi "tindakan hukum" karena tindakannya mencoba melakukan kudeta ke Moskow.

"Jika Anda bertanya jaminan seperti apa bahwa Prigozhin akan dapat berangkat ke Belarusia, ini adalah janji Presiden Rusia," kata kantor Peskov.

Mengenai keputusan Yevgeny Prighozhin berangkat ke Belarusia, Peskov enggan menjawabnya.

"Faktanya Alexander Grigoryevich [Lukashenko] telah mengenal Prigozhin secara pribadi sejak lama, sekitar 20 tahun," katanya.

"Dan itu adalah proposal pribadinya, yang disetujui dengan Putin. Kami berterima kasih kepada Presiden Belarusia atas upaya ini," lanjut Preskov.

Pengumuman itu sekaligus menandai selesainya upaya kudeta dari pasukan Wagner pimpinan Prighozhin ke Moskow.


Ancaman kudeta Wagner Group >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait