Disebut Sebagai Beking Ponpes Al-Zaytun, Ini Penjelasan Wiranto

  • Arry
  • 17 Jul 2023 13:14
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres, Jenderal Purn Wiranto(setkab/setkab.go.id)

Ponpes Al-Zaytun dan pimpinannya, Panji Gumilang, tengah menjadi sorotan. Ponpes di Indramayu yang kerap menuai kontroversi itu disebut memiliki beking tokoh besar. Salah satunya adalah Jenderal Purn Wiranto.

Apalagi mantan Panglima TNI itu berhasil meraih suara terbanyak di Ponpes Al-Zaytun dalam Pilpres 2004 saat berpasangan dengan Salahuddin Wahid alias Gus Solah, dan pada pilpres 2009 saat berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Wiranto pun buka suara soal tudingan menjadi beking Ponpoes Al-Zaytun.

"Sudah saya sampaikan bahwa hanya mengkait pada saat saya menjadi calon presiden di tahun 2004. Saya kampanye di banyak pondok pesantren, termasuk di Al-Zaytun," kata Wiranto di Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Baca juga
Dituding Jadi Beking Ponpes Al-Zaytun, Moeldoko: Memang Preman?

Wiranto menjelaskan, kedatangannya ke Ponpes Al-Zaytun dalam rangka untuk kampanye. Dia mengklaim hanya menyampaikan program-program kampanyenya saat itu.

"Saya memberikan berbagai kebijakan yang akan saya bangun sebagai calon presiden waktu itu," ucap Ketua Wantimpres ini.

"Pada saat pemilu memang suara saya cukup besar di sana, itu saja. Nggak ada kaitan apa-apa dengan Al-Zaytun," ujar mantan Panglima TNI dan bekas Ketum Hanura ini.

Polisi saat ini tengah mengusut dugaan tindak pidana di Ponpes Al-Zaytun. Bahkan polisi sudah meningkatkan status ke tahap penyidikan dalam kasus penistaan agama.

Artikel lainnya: Irwan Kehilangan Rp546 Juta Usai Klik File Pdf di WhatsApp, Cuma Tersisa Rp90 Ribu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait