Anies Temui Susi Pudjiastuti: PKS Sebut Taaruf, Demokrat Nilai Tak Terkait Cawapres

  • Arry
  • 26 Jul 2023 13:10
Anies Baswedan menemui Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat(@aniesbaswedan/twitter)

Anies Baswedan menemui Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat. Pertemuan ini memunculkan isu baru. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu disebut bakal mendampingi Anies menjadi calon wakil presiden.

Dua partai pengusung Anies Baswedan di Koalisi Perubahan untuk Persatuan, PKS dan Partai Demokrat memberikan tanggapan terkait pertemuan tersebut.

PKS: Bagian dari taaruf

Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf Muzammil, menegaskan penentuan bacawapres Anies baswedan sudah diserahkan sepenuhnya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta. Dia mengaku tidak dapat memastikan apakah Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar bacawapres atau tidak.

“Pak Anies yang paham (Susi masuk kandidat cawapres). Tapi silaturahmi tokoh memang hal yang wajar dan penting, kepada siapa saja,” kata Muzammil.

“Ya capres bagus, banyak taaruf dengan berbagai tokoh nasional. Memang harusnya begitu,” ujarnya.

Demokrat: Tak berhubungan cawapres

Sementara itu Partai Demokrat memiliki penilaian lain. Deputi Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menilai pertemuan Anies dan Susi Pudjiastuti tidak terkait dengan penentuan bacawapres.

“Tak ada kaitan dengan wacana cawapres. Tidak selalu pertemuan antara Mas Anies dengan tokoh-tokoh lainnya dimaknai sebagai pembahasan cawapres,” kata Kamhar.

Menurut Kamhar, Anies dan Susi adalah mantan kolega dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode pertama. Saat itu Anies menjabat Mendikbud sedangkan Susi Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Jika kemudian keduanya menyempatkan diri bersilaturahim dan mengobrolkan tentang banyak hal, wajar-wajar saja. Selain merupakan anggota kabinet yang sangat populer pada masa itu, Bu Susi juga memiliki beragam terobosan,” kata Kamhar.

 

Penjelasan Anies Baswedan Temui Susi Pudjiastuti >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait