Mahasiswa Sultan Tak Bisa Bicara dan Makan Usai Terjerat Kabel Optik, Ini 6 Faktanya

  • Arry
  • 31 Jul 2023 14:18
Kondisi Sultan Rif'at Alfatih, mahasiswa Universitas Brawijaya yang terjerat kabel optik di Jalan Pangeran Antasari(ist/ist)

Seorang mahasiswa bernama Sultan Rif'at Alfatih kini tak bisa berbicara dan makan. Kondisi itu harus dia terima usai terjerat kabel fiber optik yang melintang di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, enam bulan lalu.

Sultan adalah mahasiswa semester tujuh Universitas Brawijaya, Malang. Kecelakaan itu dia alami pada 5 Januari 2023 saat mengendarai sepeda motor bersama rekan-rekannya.

Simak 6 fakta yang terungkap dalam kasus ini:

1. Kronologi Sultan terjerat kabel fiber optik

Sultan Rif'at Alfatih mengalami kecelakaan saat mengendarai motor bersama rekan-rekannya pada 5 Januari 2023. Setiba di Jalan Pangeran Antasari ada kabel fiber optik yang menjuntai dan melintang di lokasi kejadian.

Ayah Sultan, Fatih FH menjelaskan, saat itu kondisi lalu lintas sedang tersendat akibat dari kabel yang menjuntai tersebut. Sultan tengah mengendarai motor sedang berada di belakang mobil SUV.

Kabel itu sempat tersangkut di bagian atas mobil SUV itu. Namun, kabel itu terlontar ke arah Sultan saat sedang melaju. Akibatnya, Sultan dan rekannya terpental dari motor.

Kondisi mereka tak sadarkan diri dan langsung dibawa warga setempat ke rumah sakit terdekat, RS Fatmawati.

2. Kondisi Sultan

Sultan tiga hari dirawat di RS Fatmawati dalam keadaan tak sadarkan diri. Dia menjalani beberapa tindakan operasi beberapa kali.

Sultan akhirnya diperbolehkan pulang pada Mei 2023. Namun kondisinya jauh dari kondisi normal.

"(Saat ini) sama sekali tidak bisa bicara, tidak bisa makan minum secara normal," kata Fatih.

Menurutnya, tenggorokan Sultan patah. Dia pun harus menggunakan selang untuk makan dan minum. Akibatnya, berat badan Sultan turun drastis.

"Tinggi badan anak saya itu 182 cm, berat badan awalnya kurang lebih 69 (kg). Saat ini berat badannya 46 kilogram," katanya.

"Kalau bicara menderita, jadi gini kita orang normal setiap menit pasti nelan ludah kita, itu yang normal terjadi. Nah anak saya tidak bisa menelan ludahnya, artinya kalau dia berusaha nelan ludah akan masuk ke paru-paru yang membuat sekarang masuk dioperasi ini karena paru-parunya isi cairan termasuk isi ludahnya sendiri," katanya.

"Sehingga yang dilakukan setiap menit dia akan meludah, even tiap dia tidur pun dia megang gelas yang ada tutupnya untuk dikeluarkan di gelas itu," lanjutnya.

Pada 26 Juli 2023, Sultan pun sempat dilarikan ke RSCM gegara mengalami pendarahan di tenggorokannya. Dia harus kembali menjalani perawatan karena paru-parunya juga terendam air.


Selanjutnya tunggu janji penyedia kabel fiber optik >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait