Mahasiswa Sultan Tak Bisa Bicara dan Makan Usai Terjerat Kabel Optik, Ini 6 Faktanya

  • Arry
  • 31 Jul 2023 14:18
Kondisi Sultan Rif'at Alfatih, mahasiswa Universitas Brawijaya yang terjerat kabel optik di Jalan Pangeran Antasari(ist/ist)

3. Minta keadilan perusahaan fiber optik

Ayah Sultan, Fatih FH, kini mencari keadilan atas kecelakaan yang dialami putranya itu. Dia mencoba meminta pertanggungjawaban dari perusahaan pemilik kabel fiber optik yang menyebabkan anaknya mengalami kecelakaan.

Menurutnya, dia pernah mendatangi kantor perusahaan kabel fiber optik itu pada 5 Juni 2023. Saat itu, pihak perusahaan masih memiliki itikad baik.

"Besoknya tanggal 6 Juni mereka datang ke rumah, langsung ada utusan mereka tiga orang dan mereka mengakui betul bahwa itu (kabel) punya mereka," kata Fatih.

"Dan atas kecelakaan itu, mereka menyatakan prihatin dan akan bertanggung jawab atas kecelakaan itu sesuai standar mereka. Ya sudah, saya sampaikan intinya permintaan saya prioritaskan obati dulu anak saya sampai sembuh total. Kemudian atas biaya pengobatan yang sudah dikeluarkan, tolong supaya diganti, karena itu di luar perencanaan saya," imbuh Fatih.

Namun, setelah itu tak ada kelanjutan dari pihak perusahaan. Bahkan perwakilan perusahaan yang selama ini menjadi jembatan komunikasi, sudah tidak lagi bisa dihubungi.

"Pengacara saya yang konseling menyampaikan kasus ini memenuhi dua unsur, pertama unsur perdata karena mengandung unsur kerugian dan yang kedua pidana karena ada membahayakan nyawa seseorang dan ini disarankan pengacara saya untuk dilakukan proses hukum dua unsur ini," katanya.

4. Rencana Jual Rumah untuk Biaya Pengobatan

Akibat tingginya biaya pengobatan Sultan, Fatih mengaku berencana menjual rumahnya. Apalagi pihak perusahaan fiber optik masih belum menunjukkan itikad baik.

Namun Fatih masih berharap kasus ini berakhir secara kekeluargaan. "Tapi sampai sekarang saya masih berharap ada kekeluargaan dulu supaya tidak terlalu panjang prosesnya," ujarnya.

5. Apjatel Buka Suara

Ketua Apjatel Korwil Jabodetabek, Anton Febrian Belnis, menegaskan, jika menemukan kabel optik yang melintang di jalanan, silakan putus kabel tersebut demi keselamatan.

"Kalau ada kabel optik mengganggu di jalan, saya perintahkan putus," kata Anton.

6. Tanggapan Pj Gubernur DKI Jakarta

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meminta agar ada penataan terhadap semua kabel fiber optik yang menjuntai semrawut.

"Saya minta fiber optik, galian kabel, harus rapih, saya minta dinas terkait seperti apa," kata Heru Budi di Jakarta pekan lalu.

"Saya bilang Oktober 2022, hari ini sejak saya menjabat sampai ke depan saya nggak mau ada kabel optik yang berantakan. Maka saya minta rapihkan. Ketika saat itu belum rapih ya tanggung jawab pengawas sebelumnya," jelasnya.

Heru Budi pun meminta kepada warga segera melapor jika melihat kabel yang semrawut. Hal itu agar segera ditindaklanjuti dengan cepat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait