Deretan Menteri dan Wakil Menteri Jadi Caleg Pemilu 2024

  • Arry
  • 20 Agt 2023 21:08
Kabinet Indonesia Maju(humas/setneg.go.id)

Sejumlah menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju bakal bertarung dalam Pemilihan Anggota Legislatif atau Pileg 2024.

Nama-nama menteri dan wakil menteri itu kini sudah tercantum dalam daftar calon anggota legisltif sementara (DCS) yang dirilis Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Berikut deretan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju yang akan ikut Pileg 2024:

1. Menkumham Yasonna Laoly

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly kembali akan bertarung di Pileg. Politisi PDI Perjuangan itu akan bertarung di dapil Sumatera Utara (Sumut) I yang terdiri dari Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kota Medan, dan Kota Tebing Tinggi.

Yasonna pernah terpiih menjadi anggota DPR pada Pemilu 2019. Namun saat itu dia mengundurkan diri lantaran dipiih Presiden Jokowi menjadi Menkumham.

2. Menaker Ida Fauziah

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah masuk dalam daftar bacaleg PKB di Dapil DKI Jakarta II yang terdiri dari Kota Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri.

Ida Fauziah juga pernah menjadi anggota DPR yakni pada Pemilu 1999, 2004, 2009, dan 2014, Ida selalu terpilih untuk mewakili dapil Jawa Timur VIII.

3. Menpora Dito Ariotedjo

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo alias Dito Ariotedjo masuk ke dalam DCS anggota DPR Pemilu 2024 dari Partai Golkar. Dito berada di nomor urut 1 daftar bacaleg Golkar di dapil DKI Jakarta I yang meliputi Kota Jakarta Timur.

Ini kali pertama Dito Ariotedjo maju sebagai anggota DPR.

4. Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT) akan bertarung di Dapil Jawa Timur VIII yang meliputi Jombang, Madiun, Mojokerto, dan Nganjuk.

Ini kali pertama kakak dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar itu masuk dalam daftar caleg DPR.

5. Mentan Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akan mewakili Partai NasDem dalam Pileg 2024. Dia mendapat nomor urut 1 dari dapil Sulawesi Selatan I yang meliputi Kabupaten Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Takalar, dan Kota Makassar.

6. Wamendagri Wempi Wetipo

Wakil Menteri Dalam Negeri Wempi Wetipo terdaftar sebagai bacaleg dari PDI Perjuangan. Wempi bakal bertarung di Dapil Papua Pegunungan yang meliputi keseluruhan provinsi.

7. Wamendag Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga tercatat sebagai Bacaleg dari Partai Golkar untuk Pemilu 2024. Jerry mendapat nomor urut 2 di Dapil Sulawesi Utara.

8. Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo tercatat sebagai bacaleg Partai Perindo. Putri Hary Tanoesoedibjo itu menjadi caleg di dapil Jawa Timur I yang meliputi Sidoarjo dan Kota Surabaya.

9. Wamenaker Afriansyah Noor

Wamenaker Afriansyah Noor juga terdaftar sebagai bacaleg dari Partai Bulan Bintang. Afriansyah terdaftar dalam nomor urut 1 di Dapil Jawa Barat V yang meliputi Kabupaten Bogor.

Afriansyah sudah menjadi Caleg DPR sejak Pemilu 2014 hingga 2019. Namun dia tidak pernah terpilih.

Artikel lainnya: PDIP Persilakan PPP Cabut Dukungan Jika Tak Jadi Cawapres Ganjar, Ini Kata Sandiaga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait