Novel Baswedan: Presiden Jokowi Perlu Benahi KPK, Jika Tidak Mau, Bubarkan Saja

  • Arry
  • 23 Agt 2023 21:33
Novel Baswedan(ist/ist)

Beredar wacana agar Presiden Joko Widodo pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Ada yang setuju ada pula yang menentang wcana tersebut.

Pembahasan pembubaran KPK ini lantang dilontarkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Dia menilai komisi antirasuah yang dia bentuk pada 2002 itu sudah tidak lagi efektif.

Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan menanggapi pernyataan dari Megawati tersebut. Dia menilai, tindakan yang seharusnya dilakukan Presiden Jokowi adalah membenahi KPK.

"Oleh sebab itu, menurut saya, Presiden mestinya melakukan langkah untuk memperbaiki KPK atau bila tidak mau lebih baik KPK dibubarkan saja," kata Novel Baswedan dalam keterangannya.

Baca juga
Megawati ke Jokowi: Bubarin Aja KPK, Sudah Nggak Efektif

"Tetapi kita harus mencermati bahwa tanggung jawab negara untuk memberantas korupsi harus tetap dilakukan walaupun dengan “alat” yang baru," sambungnya.

Novel menilai pemberantasan korupsi merupakan hal penting yang harus tetap dilakukan. Namun, permasalahannya pemerintah dan DPR kerap menghancurkan KPK baik sengaja maupun tidak sengajar. Hal itu yang membuat pemberantasan korupsi menjadi bermasalah.

"Dengan dilakukan perubahan UU KPK yang makin melemahkan, dan pemilihan Pimpinan KPK yang bermasalah (tidak punya semangat memberantas korupsi), bahkan diyakini banyak berbuat korupsi," ungkap Novel.

"Hal ini diperparah dengan kondisi sekarang praktik korupsi makin banyak dan nilainya makin besar, hingga berdampak pada kepercayaan publik terhadap pemberantasan korupsi yang rendah (pesimistis) dan kepercayaan dunia usaha Internasional terhadap pemberantasan korupsi yang makin turun (IPK Indonesia turun drastis)," jelasnya.

Baca juga
Komisioner KPK Nurul Ghufron Diduga Follow Akun Porno, Ini Pembelaannya

"Saya yakin apa yang disampaikan oleh Ibu Megawati adalah sindiran, karena KPK bekerja tidak efektif yang justru bermasalah (banyak korupsi di internal KPK)," ujarnya.

Untuk diketahui, Megawati menyampaikan wacana pembubaran KPK dalam acara BPIP. Dia mengaku meminta Jokowi untuk membubarkan KPK. Sebab, KPK dinilai tak lagi efektif.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, sudah deh,bubarin aja KPK itu Pak, jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong ces pleng,” kata Megawati Senin, 21 Agustus.

Artikel lainnya: Cerita Budiman Sudjatmiko 3 Kali Ditawari Jadi Menteri Jokowi, 3 Kali Juga Batal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait