Netizen Heboh, Malaysia Diduga Jiplak Lagu Halo Halo Bandung Jadi Helo Kuala Lumpur

  • Arry
  • 12 Sep 2023 20:09
Lagu Halo-halo Bandung diduga dijiplak Malaysia menjadi Helo Kuala Lumpur(ist/ist)

Netizen tengah heboh dengan munculnya lagu dari Malaysia berjudul Helo Kuala Lumpur. Nada lagu tersebut sangat mirip dengan lagu Halo-halo Bandung karya Ismail Marzuki.

Lagu tersebut diunggah di kanal YouTube Lagu Kanak TV. Lagu tersebut sudah diunggah sejak 27 Mei 2020. Namun, netizen baru membahas lagu tersebut sejak Senin, 11 September.

Lagu Helo Kuala Lumpur itu memiliki nada yang nyaris sama engan Halo-halo Bandung. Bahkan lagu yang diklaim diciptakan Lumban Tobing itu juga memiliki lirik yang serupa di beberapa kalimat.

"Hello Kuala Lumpur, Ibu kota keriangan// Hello Kuala Lumpur, kota kenang-kenangan// Sudah lama aku, tidak berjumpa denganmu, sekarang sudah semakin maju, aku suka sekali//" begitu lirik Helo Kuala Lumpur.

Baca juga
Malaysia Klaim Reog, Indonesia Buru-buru ke UNESCO

Lirik Halo-halo Bandung, "Halo-halo Bandung, Ibu kota Periangan// Halo-halo Bandung, kota kenang-kenangan// Sudah lama beta, tidak berjumpa dengan kau, sekarang telah menjadi lautan api, mari bung rebut kembali//"

Saat ini kolom komentar kanal YouTube yang mengunggah lagu Helo Kuala Lumpur dinonaktifkan. Namun, kasus ini ramai diperbicanngkan di Twitter (sekarang X).

Malaysia diduga jiplak lagu Halo-halo Bandung jadi Helo Kuala Lumpur

"Negara tetangga ini ndak punya ciri khas bisanya cuma curi identitas negara kita, harusnya ada tindakan sihh."

"liriknya jelek banget, maksa. mending kalo nyontek digubah jadi lebih bagus, lah ini udah nyontek, jelek lagi."

Untuk yang kesekian kali, Malaysia menjadikan budaya dan kekayaan intelektual Indonesia sebagai klaim kebudayaan mereka. Kali ini lagu Halo-halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki dijiplak menjadi Hello Kuala Lumpur.

Artikel lainnya: Ferdy Sambo Dipindah ke LP Cibinong dan Putri Candrawathi ke LP Tangerang, Ada Apa?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait