AC dan Lampu Kabin Mati Bikin Penumpang Panik, Ini Penjelasan Batik Air

  • Arry
  • 14 Sep 2023 17:04
Maskapai Batik Air(batik air/batikair.com)

Suasana mencekam terjadi pada penerbangan Batik Air dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. AC dan lampu di dalam kabin mati. Kondisi ini membuat para penumpang panik.

Manajemen Batik Air akhirnya memberikan penjelasan terkait peristiwa tersebut. Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada 7 September 2023.

Danang menjelaskan kronologi listrik dan AC di kabin mati. Menurutnya, pesawat bernomor ID-6293 terbang dengan mulus dari Makassar dan mendarat di Bandara Soetta dengan aman.

"Setelah pesawat mendarat dan diparkir di tempatnya, pemasokan tenaga listrik dari peralatan darat (ground power unit) mengalami gangguan yang tidak terduga," jelas Danang dalam keterangan yang diterima Newscast.id, Kamis, 14 September 2023.

Baca juga
Viral Listrik dan AC Batik Air Mati, Penumpang Panik dan Ancam Buka Pintu Darurat

"Sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam menyediakan tenaga listrik tambahan untuk pesawat yang telah parkir dengan sempurna," lanjutnya.

"Batik Air segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan sebagai upaya penanganan hal dimaksud, termasuk penggantian peralatan. Meskipun proses ini membutuhkan waktu tambahan, Batik Air memastikan bahwa semua langkah yang diambil dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penerbangan," jelasnya.

Danang menegaskan, sebelum terbang ke Jakarta, pesawat telah menjalani pemeriksaan menyeluruh sebelum keberangkatan dan telah dinyatakan dalam kondisi operasional yang aman.

"Seluruh pelaksanaan penerbangan mengikuti standar operasional prosedur yang ketat, dengan fokus utama pada keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang," ujarnya.

Baca juga
Penumpang Batik Air Panik Lihat Pesawat Berasap dan Mesin Bising, Ini Kata Manajemen

Danang pun menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh penumpang atas peristiwa yang dialami pada saat itu.

"Batik Air, anggota dari Lion Air Group, menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada semua penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi pada 7 September 2023," ujarnya.

Peristiwa Batik Air mati lampu dan AC itu viral di media sosial. Dalam video yang beredar, para penumpang bahkan sampai histeris dan memaksa untuk membuka pintu darurat.

Dalam video itu terlihat para penumpang berdiri di lorong kabin. Ada pula yang masih di bangku dan panik menelepon. Suasana kabin terlihat gelap.

Listrik dan AC kabin Batik Air mati bikin penumpang panik

Terdengar seseorang yang berteriak memaki pramugara yang bertugas. Penumpang itu juga memaksa untuk membuka pintu darurat.

"Kamu mau bikin mati... An*** kau!" maki salah satu penumpang dalam rekaman video.

"Mohon maaf bapak," sahut pramugara.

"Jangan dibuka bapak, itu emergency," kata pramugara menegur penumpang yang hendak membuka pintu darurat.

Artikel lainnya: Aurel Hermansyah Akui Jodohan Thariq Halilintar dengan Aaliyah Massaid, Ini Alasannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait