Ganjar Pranowo Disebut Lecehkan Profesi MC-Jurnalis, Ini Penjelasan Najwa Shihab

  • Arry
  • 22 Sep 2023 08:39
Bakal capres Ganjar Pranowo(najwa shihab/youtube)

Bakal capres Ganjar Pranowo disebut melecehkan profesi jurnalis dan MC dalam program Mata Najwa on Stage Yogyakarta di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bertajuk '3 Bacapres Bicara Gagasan'.

Najwa Shihab menjelaskan konteks dalam perbincangan dengan Ganjar Pranowo saat itu. Menurutnya, saat itu mereka tengah berbicara tentang pentingnya dunia pendidikan diisi orang-orang baik dan yang terbaik.

Sebab, hal itu akan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia semakin meningkat.

"Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana. Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya rasanya tentang pentingnya institusi pendidikan mendapatkan orang-orang terbaik," kata Najwa Shihab dalam keterangannya, dikutip Jumat, 22 September 2023.

Baca juga
Ditanya Mahasiswa UI Soal Petugas Partai dan Boneka Megawati, Ini Jawaban Ganjar

Najwa menjelaskan, dalam program tersebut Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen. Bukan bekerja di bidang lain.

Menurut Najwa, saat itu dia merespons pernyataan Ganjar karena ingin mengetahui maksud dari pernyataan tersebut. Sebab pernyataan itu bisa disalahpahami publik.

"Saya tentu perlu merespons saat itu karena tugas jurnalis, kan, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan," ucapnya.

Najwa berharap masyarakat dapat mengerti apa yang menjadi isi pembicaraan program tersebut.

Baca juga
Puan Soal Bacawapres Ganjar: AHY dan RK Tak Mungkin Lagi, Mungkin Pak Mahfud

"Saya senang dengan antusiasme publik terhadap berbagai isi dialog kemarin, tapi juga berharap publik jangan terjebak hanya fokus ke potongan-potongan detil dan kontroversial dari percakapan. Tapi sesuai tujuan awal acara ini diadakan, bisa melihat secara utuh gagasan -gagasan atau visi programatik dari tiap bacapres," jelasnya.

"Yang penting kita semua sepakat, tiap profesi, baik jurnalis, MC, politikus, guru dan dosen, juga profesi lain, punya peran pentingnya masing-masing. Dan di tiap-tiap profesi, sangat dibutuhkan orang-orang terbaik," ujar Najwa.

Pernyataan Ganjar yang menjadi polemik dalam program Mata Najwa on Stage, adalah soal lulusan terbaik di kampus sebaiknya bukan bekerja sebagai dosen. Bukan MC atau jurnalis.

"Sepuluh besar lulusan terbaik itu jadi dosen, iya dong masa jadi MC?" kata Ganjar.

"Siapa Mas MC? Saya Jurnalis, bukan MC" jawab Najwa.

"Bukan, bukan, jurnalis lah kalau begitu," timpal Ganjar. Pernyataan itu pun viral di media sosial.

Artikel lainnya: Jerome Polin Ungkap 1 WN Indonesia Tanggung Utang Rp28 Juta, Ini Penjelasan Kemenkeu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait