Dulu Acuhkan Dukungan PSI, Kini Puan Ajak Kaesang dan PSI Dukung Ganjar

  • Arry
  • 27 Sep 2023 10:29
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani(lukas/biro pers kesekretariatan presiden)

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani kini mengajak Kaesang Pangarep untuk membawa partainya, Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, mendukung bakal capres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Puan menegaskan PDIP selalu terbuka kepada semua pihak yang ingin ikut mendukung Ganjar Pranowo.

"Lah kan saya selalu mengatakan bahwa PDIP selalu terbuka," kata Puan Maharani di Jakarta, Selasa, 26 September 2023.

Puan menyatakan PDIP akan selalu bersilaturahmi dengan partai apa pun. Namun, dia tetap menghormati strategi tiap partai.

Baca juga
PSI Merasa Diludahi PDIP Usai Tak Dianggap Dukung Ganjar, Ini Kata Puan

"Memang sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam merangkul," katanya.

"Jadi kemudian ayo Mas Kaesang ikut PDI Perjuangan aja yuk," ucapnya.

Sikap ini berbalik dibanding saat Kaesang belum bergabung dengan PSI. Saat itu PDIP belum merespons dukungan dari PSI terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres. Padahal PSI merupakan partai pertama yang mendukung Ganjar.

"Kami mengumumkan, bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI tahun 2024," kata Wakil Ketua Dewan Pembuna PSI, Grace Natalie pada 2022.

Upaya PSI mendukung Ganjar itu tak kunjung mendapat respons PDIP. Bahkan Ketua bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto menyinggung PSI soal tata krama saat deklarasi dukung ganjar.

Baca juga
Rekomendasi Capres 2024 PSI: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, atau Jomlo

"Biarkan saja, itu kan urusan tata krama. Monggo saja, terserah," kata pemilik sapaan akrab Bambang Pacul.

PSI pun akhirnya menarik dukungan terhadap Ganjar. Grace menyatakan partainya akan menyerap aspirasi dan keinginan dari pendukungnya terkait bbakal capres yang akan diusung.

"Pertama, meminta kepada DPP PSI untuk kembali menyerap aspirasi dan keinginan rakyat terkait bacapres yang memiliki komitmen kerakyatan dan melanjutkan visi misi pembangunan Pak Jokowi," tegas Grace.

"Kami meminta kepada DPP untuk 'ojo kesusu' dan terus mencermati dinamika politik yang berkembang, termasuk komitmen tegak lurus kepada Pak Jokowi agar dipegang teguh dalam keputusan yang menyangkut masa depan bangsa," kata Grace menambahkan.

Artikel lainnya: Mengenal Jabal Magnet, Lembah Jin di Madinah Destinasi Favorit Arab Saudi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait