Mengenal Jabal Magnet, Lembah Jin di Madinah Destinasi Favorit Arab Saudi

  • Arry
  • 27 Sep 2023 05:44
Jabal Magnet lokasi misterius di Madinah(kemenag/kemenag.go.id)

Jabal magnet atau bukit magnet di Madinah, Arab Saudi merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi jemaah haji maupun umroh, terutama dari Asia. Lokasi ini menyimpan misteri yang fenomenal untuk dikunjungi.

Jabal magnet atu bukit magnet ini memiliki nama asli Manthiqa Baidha atau perkampungan putih. Sesuai namanya, mobil-mobil di daerah ini dapat bergerak sendiri. Termasuk jarum kompas yang tidak berfungsi akibat medan magnet yang kuat.

Melansir laman Kemenag, Jabal Magnet berada di bukit tandus, sekitar 60 kilometer dari Kota Madinah. Untuk mencapai Jabal Magnet, kita akan melintasi sejumlah perkebunan kurma dan amparan bukit bebatuan.

10 kilometer jelang Jabal Magnet, akan terlihat sebuah danau buatan yang besar. Kemudian bebatuan warna hitam dan merah layaknya batu bata yang mendominasi Jabal Magnet. Terlepas dari itu, keajaiban "Tanah Suci" tersebut hanya berlangsung sekitar 1-4 kilometer dari arah kepulangan Jabal Magnet.

Jabal Magnet konon pertama kali pertama kali ditemukan orang suku Baduy. hal ini bermula saat seorang anggota suku Arrab Badui menghentikan mobilnya karena ingin buang hajat. Lantaran terburu-buru, dia memasang rem tangan.

Setelah menyelesaikan hajatnya, pria itu kaget saat melihat mobilnya jalan sendiri dan melaju semakin cepat. Akhirnya, mobil itu berhenti karena terperosok ke dalam tumpukan pasir di daerah tersebut.

Keanehan Jabal Magnet ini diduga disebabkan lantaran lokasinya berada di atas di atas Arabian Shield tua yang berumur 700 juta tahun. Di bawah Jabal Magnet terdapat endapan lava "alkali basaltik" (theolitic basalt) seluas 180.000 kilometer persegi. Lava tersebut kemudian muncul ke permukaan bumi dari kedalaman 40-an kilometer melalui zona rekahan sepanjang 600 kilometer yang dikenal sebagai "Makkah-Madinah-Nufud volcanic line".

Melansir nu.or.id, Pemerintah Arab Saudi kini menjadikan kawasan Jabal Magnet sebagai destinasi wisata. Hal ini karena makin banyaknya wisatawan yang datang mengunjungi lokasi misterius tersebut.

Untuk itu, pemerintah membangun sejumlah fasilitas pendukung di Jabal Magnet seperti tempat berteduh hingga fasilitas mainan.

Artikel lainnya: Kini Hadir Hotel di Rest Area Tol Cipali, Ini Fasilitas dan Tarifnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait