KPK Temukan Cek Rp2 Triliun Saat Geledah Rumah Dinas Syahrul Yasin Limpo

  • Arry
  • 15 Okt 2023 12:25
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo diborgol KPK(ist/ist)

Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan cek Bank BCA senilai Rp2 triliun saat menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo saat menjabat Menteri Pertanian di di Widya Chandra, Jakarta Selatan, pada Kamis, 28 September 2023.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri menelaskan, cek tersebut tertera atas nama Abdul Karim Daeng Tompo tertanggal 28 Agustus 2018. Cek itu kini menjadi salah satu barang bukti yang disita tim penyidik.

“Iya kami membaca di sebuah majalah tentang hal tersebut dan setelah kami cek dan konfirmasi, diperoleh informasi memang benar ada barang bukti dimaksud,” kata Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu, 15 Oktober 2023.

Meski demikian, KPK masih memastikan validitas cek tersebut. Termasuk mengklarifikasi cek itu ke Syahrul Yasin Limpo yang kini menjadi tersangka.

“Termasuk apakah ada kaitan langsung dengan pokok perkara yang sedang KPK selesaikan ini,” tutur Ali.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo, Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, dan Direktur Kementan Muhammad Hatta sebagai tersangka. Mereka pun kini telah ditahan.

SYL Cs dijerat dengan Pasal 12 huruf e dan 12B UU Pemberantasan Tipikor. Selain itu, mereka juga dijerat Pasal 3 dan/atau Pasal 4 UU nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Artikel lainnya: Tiket Kereta Cepat Whoosh Resmi Dibanderol Rp300 Ribu, Ini Cara Belinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait