[CEK FAKTA] KPK Geledah & Sita Rp177 Triliun dari Rumah SBY, Benarkah?

  • Arry
  • 21 Sep 2021 17:11
Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY(humas/setkab)

Beredar video yang menarasikan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menggeledah rumah Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Tak hanya menggeledah, KPK juga disebut menyita Rp177 dari rumah SBY.

Video ini disebar akun Facebook Muhammad Rinaldi pada Minggu, 22 Agustus 2021. Dia mengunggah sebuah gambar penyidik KPK sedang menggeledah sebuah ruangan. Hadir pula Ketua KPK Firli Bahuri dalam penggeledahan tersebut.

"BERITA TERBARU ~ KPK gerak Cepat Geledah Rumah SBY !! Akhirnya kpk Temukan Uang 177 Triliun" tulis unggahan itu.

Benarkah unggahan itu?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax, klaim yang menyebutkan KPK menggeledah rumah SBY dan menemukan Rp177 triliun adalah salah.

Saat link tersebut dilihat, akan muncul sebuah video berdurasi 22 menit 47 detik. Isinya berupa pernyataan SBY pada beberapa momen.

Salah satuinya soal pernyataan SBY yang menyinggung pemberitaan Asia Sentinel terkait skandal bailout Bank Century. Selain itu, video itu juga berisi cuplikan dari Ketua DPR Bambang Soesatyo soal Bank Century.

Kesimpulan:

Klaim pada video yang menarasikan KPK menggeledah rumah SBY dan menemukan Rp177 triliun adalah salah. Antara judul dan isi video tidak berkaitan. Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan).

Konten jenis ini sengaja dibuat dan diharapkan dapat menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait