Isu Jokowi-PDIP Retak Gegara Presiden 3 Periode, Puan Buka Suara

  • Arry
  • 26 Okt 2023 12:14
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani(pdi perjuangan/pdiperjuangan.id)

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani buka suara soal isu keretakan hubungan Jokowi dan PDIP akibat ditilaknya usulan masa jabatan presiden tiga periode.

Isu ini diembuskan polisiti PDIP, Adian Napitupulu. Menurutnya, karena usulan tiga periode ditolak, kemudian muncul langkah dari Jokowi hingga meajukan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

"Nggak, nggak pernah setahu saya (bahas masa jabatan Presiden tiga periode). Nggak pernah beliau (Presiden Joko Widodo) meminta untuk perpanjangan 3 periode," kata Puan di Jakarta, Rrabu, 25 Oktober 2023.

Baca juga
Adian Napitupulu Ungkap Masalah Jokowi vs PDIP: Bermula dari Ide Presiden 3 Periode

"Yang bisa saya sampaikan bahwa sesuai dengan konstitusi jabatan Presiden itu adalah dua kali, 5 (tahun) kali 2 (periode), 10 tahun," ujar Ketua DPR itu.

Puan menegaskan, tidak ada aturan yang dapat menguatkan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga preiode saat itu. Sehingga PDIP menentukan sikap menolak usulan tersebut.

"Jadi kalau kemudian ada perpanjangan itu mekanismenya dari mana? Kemudian seperti apa? Waktu itu kan tidak ada mekanisme yang kemudian memungkinkan untuk kita melakukan perpanjangan atau melakukan tiga periode," jelas Puan.

Artikel lainnya: Hasil dan Klasemen Liga Champions: PSG Bantai AC Milan, Barcelona-Man City Sempurna

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait