5 Fakta Jamuan Jokowi ke Anies, Ganjar, Prabowo: Ada Ayam Kodok Hingga Batik Parang

  • Arry
  • 30 Okt 2023 18:42
Jamuan makan siang Presiden Jokowi ke tiga bakal capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto(@aniesbaswedan/instagram)

4. Batik Parang

Saat jamuan makan siang, Jokowi bersama dengan Anies, Ganjar, dan Prabowo kompak mengenakan pakaian batik. Ganar mengenakan batik parang warna merah. Sedangkan Prabowo dan Anies batik parang bernuansa cokelat muda.

"Tidak janjian," kata Ganjar.

Mengutip laman resmi Perpustakaan Universitas Brawijaya, batik parang merupakan motif batik yang diciptakan pada zaman Keraton Mataram.

Berdasarkan laman Kemenparekraf dan laman resmi Pemerintah Provinsi DIY, batik parang merupakan pola batik tradisional Indonesia. Motif batik tersebut mengakar sejarah yang kaya dalam zaman kerajaan.

Kata "parang" sendiri memiliki makna 'pedang' yang mencerminkan kekuatan dan ketangguhan. Makna simbolisnya adalah simbol keberanian dan ketangguhan, yang terinspirasi bentuk pedang yang meliuk-liuk, serta lambang keselarasan dan keseimbangan dalam hidup, menggambarkan perjalanan manusia yang penuh pasang surut, diterima dengan ketenangan dan keberanian.

5. Bakal Cawapres Diundang Ma'ruf Amin

Jamuan makan siang ini juga akan diberikan untuk tiga bakal cawapres yakni Gibran Rakabuming Raka, Muhaimin Iskandar, dan Mahfud MD. Namun, sang tuan rumah adalah Wapres Ma'ruf Amin.

"Besok cawapres bertemu dengan wakil presiden," kata Ganjar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait