PDIP Ungkap Deretan Politisi Pengusung Jokowi 3 Periode dan Penundaan Pemilu

  • Arry
  • 31 Okt 2023 11:34
Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat(pdi perjuangan/pdiperjuangan.id)

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat, menyebutkan sejumlah politisi yang menyuarakan isu masa jabatan Jokowi 3 periode hingga penundaan pemilu. Menurutnya, isu tak hanya disuarakan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, isu itu diembuskan para politisi pada saat berdekatan. Mereka menyuarakan dengan narasi yang sama.

Djarot mengapresiasi Menteri Bahlil yang mengakui soal isu penundaan pemilu dan jabatan Jokowi 3 periode adalah gagasannya.

"Oh, ya bagus (kalau) termasuk idenya sendiri," ucap Djarot di Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Baca juga
Hasto Sebut PDIP Dilobi Pak Lurah Lewat Menteri Golkan Presiden 3 Periode

Djarot pun mengungkapkan sejumlah polisiti yang menyuarakan isu serupa seperti yang disampaikan Bahlil Lahadalia.

Mereka seperti Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Selain itu ada pula Menko Perekonomian sekaligus Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto hingga Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskadar atau Cak Imin.

"Pak Luhut, idenya sendiri, Pak Airlangga, idenya sendiri, Pak Cak Imin, terus Zulhas. Idenya sendiri kok banyak banget?" tanya Djarot.

Menurutnya, ada upaya yang terorganisir untuk menunda pemilu dan memperpanjang masa jabatan Jokowi menjadi 3 periode. Namun PDIP tegas menolak dua wacana tersebut.

"Artinya apa? Terorganisir dengan rapih tapi statemen-statemen itu, itu juga kita cermati dan kami jaga. Selalu hasil kajian dari kami, itu kami sampaikan kepada pimpinan-pimpinan untuk dilakukan sidang," ujar Ketua Badan Pengkajian MPR ini.

Baca juga
Adian Napitupulu Ungkap Masalah Jokowi vs PDIP: Bermula dari Ide Presiden 3 Periode

Untuk diketahui Bahlil Lahadalia mengakui isu penundaan pemilu dan jabatan presiden tiga periode merupakan murni dari kesalahannya. Bukan ada perintah dari siapa pun.

"Jadi kalau ada yang salah soal penundaan pemilu itu salah saya, Bahlil Lahadalia bukan salah siapa-siapa," kata Bahlil.

"Ada di media bicara tentang tiga periode, katanya itu atas perintah seseorang," ujar dia.

"Kalau ide saya itu bagus, silakan diikuti yang penting secara konstitusional, dan kalau tidak, jangan dikembangkan. Sekarang sudah terjadi sudah berlalu, kok masih ada yang bicara tiga periode itu dari seseorang," kata Bahlil.

Artikel lainnya: Daftar Lengkap Peraih Ballon d'Or 2023: Messi, Haaland, Bellingham Hingga Man City

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait