Viral Langit Yogyakarta Bolong di Citra Udara, Ini Penjelasan BMKG

  • Arry
  • 6 Nov 2023 12:22
Langit Jogjakarta bolong di citra udara BMKG(bmkg/bmkg.go.id)

Media sosial dihebohkan dengan unggahan citra radar cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Yogyakarta. Terlihat awan seolah tidak mau memayungi Jogja sehingga tampak seperti bulatan besar.

Citra udara yang terjadi pada 4 November 2023 itu mendandakan hanya Yogyakarta saja yang didak diguyur hujan. Sedangkan wilayah di sekitar Yogya akan diguyur hujan.

Gambar citra udara itu viral di sejumlah akun media sosial. "EMANG LAGI ADA PROYEK APA SI SLUR??"

"Bahkan awan hujan pun tak mau masuk tengah-tengah Jogja," tulis narasi di unggahan tersebut.

Langit Jogja bolong di citra udara BMKG

BMKG buka suara soal fenomena tak biasa tersebut. Mereka menyatakan, hal tersebut terjadi lantaran ada fenomena Bright Band Echo.

Kepala Kelompok Forecaster BMKG YIA, Romadi menjelaskan, Bright Band Echo ditangkap oleh Radar Cuaca Baron yang terletak di wilayah Mlati Sleman. Fenomena itu kemudian terfilter oleh fitur koreksi dari radar cuaca.

"Secara riil awan tersebut ada di seluruh wilayah Yogyakarta termasuk wilayah yang kosong (bolong) di tengah DIY tapi karena terbatasnya kemampuan radar yang tidak bisa mendeteksi tegak lurus sehingga citra radar nampak bolong serta pola melingkar terjadi karena scanning radar yang memutar 360 derajat," kata Romadi dikutip dari Kumparan, Senin, 6 November 2023.

"Fenomena Bright Band Echo terjadi jika ada butiran air atau awan di lapisan icing dan biasanya hujan tidak sampai ke bawah atau hujan ringan saja," ungkap Romadi.

Artikel lainnya: Puisi Menlu Retno Marsudi di Aksi Bela Palestina Bikin Haru: Palestina Saudaraku

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait