Viral Kabar Gunung Tangkuban Parahu Meletus, Begini Kata PVMBG

  • Arry
  • 7 Des 2023 18:17
Kawah Gunung Tangkuban Parahu(humas/jabarprov.go.id)

Masyarakat Bandung dihebohkan dengan pesan berantai berisi video Gunung Tangkuban Parahu meletus pada Kamis, 7 Desember 2023. Dalam video itu terlihat awan panas muncul dari kawah Gunung Tangkuban Parahu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat memastikan video yang beredar dengan narasi Gunung Tangkuban Parahu meletus adalah hoaks.

"Kondisi Gunung Tangkuban Parahu pada hari ini baik-baik saja," ujar Petugas Lapangan BPBD Kabupaten Bandung Barat, Suheri.

"Sekali lagi, kami informasikan bahwa Gunung Tangkuban Parahu baik-baik saja. Video yang beredar di Grup WA, atau media sosial lainnya, itu adalah merupakan berita hoaks," ujarnya.

Gunung Tangkuban Parahu

Dia memastikan, video yang beredar itu adalah video lama di saat Gunung Tangkuban Parahu meletus pada Juli 2019.

Video itu sudah pernah diunggah akun Youtube Iman Budiman berjudul 'detik-detik gunung tangkuban Parahu meletus' yang diunggah pada 27 Juli 2019.

Sementara itu, berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, status Tangkuban Parahu masih pada hari ini dalam Level I atau normal. Melalui pengamatan visual Gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III.

Baca juga
Gunung Tangkuban Parahu Keluarkan Asap Tebal dan Bergemuruh, Ini Penjelasan PVMBG

Sepanjang 6 Desember 2023, Gunung Tangkuban Parahu tterpantau mengalami 12 kali gempa embusan dengan amplitudo 1.5-6 mm, dan lama gempa 8-16 detik. Selain itu juga ada 8 kali gempa Low Frequency dengan amplitudo 1.5-7 mm, dan lama gempa 10-13 detik.

Gunung yang memiliki ketinggian 2084 mdpl itu juga 1 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 1.5 mm, S-P tidak teramati dan lama gempa 50 detik.

Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi asap tidak teramati. Cuaca di lokasi juga terlihat cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur laut, selatan dan barat.

Masyarakat sekitar di Gunung Tangkuban Parahu juga diharapkan untuk tenang dan beraktivitas seperti biasa. Sehingga tidak terpancing dengan isu-isu tentang letusan Gunung dan tetap memperhatikan perkembangannya melalui BPDB setempat.

PVMBG mengimbau Mengutip dari Magma ESDM masyarakat, pedagang, wisatawan hingga pendaki di Gunung Tangkuban Parahu diimbau untuk tidak turun ke dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas. Serta dilarang untuk menginap atau berlama-lama berada di kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu.

Artikel lainnya: Viral Cleopatra Eks JKT48 Cari ART: Gaji Rp1,7 Juta, Ditahan 3 Bulan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait