KM BEM UGM Nobatkan Jokowi Sebagai Alumnus Paling Memalukan

  • Arry
  • 9 Des 2023 16:37
Universitas Gadjah Mada atau UGM(ugm/ugm.ac.id)

Keluarga Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada alias KM BEM UGM menobatkan Presiden Joko Widodo sebagai alumnus UGM paling memalukan.

Penobatan Jokowi sebagai alumnus UGM paling memalukan ini ditandai dengan pemberian sertifikat dari BEM KM UGM. Sertifikat ini diserahkan Ketua BEM KM UGM Gielbran Muhammad Noor kepada seorang mahasiswa yang memakai topeng wajah Jokowi.

Gielbran menjelaskan, sertifikat dan spanduk berisikan Maklumat Bulaksumur yang ditandatangani mahasiswa, aktivis, buruh dan kelompok lainnya ini, nantinya akan dikirimkan ke Istana Negara agar diterima secara langsung oleh Jokowi.

Gielbran menjelaskan, penobatan Jokowi sebagai alumnus UGM paling memalukan ini sebagai bentuk kekecewaan terhadap orang nomor satu Indonesia itu. Mereka menilai, Jokowi selaku alumni Fakultas Kehutanan UGM itu gagal menyelesaikan permasalahan fundamental di Indonesia.

    Baliho Jokowi alumnus UGM paling memalukan dipasang BEM UGM  (ist)
Baliho Jokowi alumnus UGM paling memalukan dipasang BEM UGM (ist)

"Ini wujud kekecewaan kita sebagai mahasiswa UGM juga. Sudah hampir dua periode Pak Jokowi memimpin tapi pada kenyataannya masih banyak sekali permasalahan fundamental yang belum terselesaikan," kata Gielbran.

"Padahal, beliau punya cukup banyak waktu menyelesaikan masalah-masalah itu. Tapi kenyataannya masalah-masalah itu tak selesai," ujar Gielbran.

Gielbran menngungkapkan sejumlah masalah yang menjadi perhatian dari BEM KM UGM. Seperti masalah penyelasaian kasus korupsi. Selain itu adalah soal revisi UU ITE.

Gielbran menilai revisi UU ITE berpotensi membuat aktivis rentan dikriminalisasikan. Selain itu adapula permasalahan tentang indeks demokrasi di Indonesia yang merosot.

"Belum bicara soal konstitusi yang sangat ambruk. Terbukti bersalahnya hakim konstitusi di sidang MKMK itu menjadi gerbang awal, menjadi bukti empiris memang MK tidak independen. Erat kelindannya dengan kedekatan personal kekeluargaan Jokowi dan Anwar Usman," jelas Gielbran.

"Belum lagi indeks demokrasi yang semakin merosot. Belum lagi bicara soal dinasti politik beliau yang secara vulgar terpampang di depan mata kita. Saya rasa tadi tidak ada momentum lain selain sekarang untuk menobatkan beliau sebagai alumnus UGM yang paling memalukan," tutup Gielbran.

Artikel lainnya: Jadwal Liga Inggris: Palace vs Liverpool, Villa vs Arsenal, Tottenham vs Newcastle

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait