Kasus Covid-19 di Jakarta Turun Drastis, Anies: Berkat Avengers

  • Arry
  • 27 Sep 2021 08:04
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(aniesbaswedan/instagram)

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta turun drastis saat ini. Gubernur Anies Baswedan menyatakan, tidak ada pahlawan tunggal dalam penurunan kasus Covid-19 di Ibu Kota. Hal ini berkat kerja sama semua pihak.

"Ini karena kolaborasi, kerja sama, tidak bisa dikerjakan sendiri. Jadi, ini Avengers, bukan pahlawan tunggal, pahlawannya banyak," kata Anies Baswedan di Jakarta, Minggu (26/9).

Avengers adalah sebuah film garapan Hollywood yang menceriterakan kumpulan pahlawan super melawan musuh yang ingin menghancurkan bumi. Film Avengers ini rilis pada 2012.

Baca Juga:
25 Sekolah di Jakarta Jadi Klaster, Ratusan Siswa dan Guru Terinfeksi

Menurut Anies, pihak pihak yang terlibat dalam pengendalian Covid-19 di Jakarta yakni jajaran Pemprov DKI, kepolisian, tentara, dan sejumlah pihak seperti swasta dan organisasi kemasyarakatan termasuk Karang Taruna.

"Kami rapat seminggu dua, tiga kali Pemprov, Kodam, Polda selama sebulan itu hampir tiap hari kemana-mana bersama, mobilitas penduduk dikendalikan," ucapnya.

Anies menjelaskan, saat ini angka kasus positif di Jakarta sudah mencapai 0,7 persen atau di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni sebesar 5 persen.

Artinya, dari 100 orang menjalani tes Covid-19, hanya ada satu orang yang kemungkinan positif.

Baca Juga:
Jokowi Hingga Anies Divonis Bersalah Soal Polusi Udara di Jakarta

Meski demikian, Pemprov DKI tidak mengendorkan pemeriksaan terhadap warganya. Bahkan tingkat pemeriksaan masih tetap tinggi yakni 11 kali lipat dari standar WHO.

"Meski pun sudah terkendali tetap pakai masker, tetap jaga jarak, Insya Allah kita bisa terus terkendali," jelasnya.

Jakarta pernah mengalami ledakan kasus Covid-19 pada Juli 2021. Saat itu, prosentase kasus positif mencapai 48 persen, artinya dari 100 orang yang dites PCR maka 48 di antaranya positif.

Kini, berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta per Sabtu (25/9), dalam satu minggu terakhir, 117 orang menjalani tes PCR. Hasilnya, prosentase kasus positif tercatat 0,9 persen.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait