CSIS: PDIP-Gerindra Tak Sampai 20%, PKS Tempel Golkar, PPP-PSI Tak Lolos Senayan

  • Arry
  • 28 Des 2023 14:31
Partai politik peserta pemilu(ppid/jatengprov.go.id)

Center for Strategic and International Studies (CSIS) merilis survei elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2024. Hasilnya, PDI Perjuangan dan Gerindra masih menjadi partai yang paling populer.

Survei CSIS digelar pada 13-18 Desember 2023. Survei dilakukan terhadap 1.300 responden dari 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan proses wawancara tetap muka menggunakan kuesioner oleh emulator yang sudah terlatih. Margin of eror sebesar 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, PDI Perjuangan sudah bukan lagi partai yang dominan. Meski masih berada di urutan pertama, PDIP meraih 16,4 persen. Di tempat kedua ditempati Partai Gerindra dengan 14,6 persen.

Baca juga
Survei CSIS: AMIN Jauh Ungguli Ganjar-Mahfud, Prabowo-Gibran Teratas

Tempat ketiga ditempati Partai Golkar dengan raihan 11,9 persen. Yang mengejutkan adalah PKS menempati tempat keempat dengan hanya kalah tipis dari Golkar. PKS meraih 11,8 persen.

    Elektabilitas Partai Politik peserta Pemilu 2024 versi CSIS
Elektabilitas Partai Politik peserta Pemilu 2024 versi CSIS

Mitra PKS di Koalisi AMIN yakni PKB dan NasDem mengikuti di posisi kelima dan enam dengan raihan masing-masing 9,2 persen dan 8,4 persen.

Dari survei CSIS itu juga terlihat ada beberapa partai besar yang diprediksi tidak lolos ke Senayan. Parpol itu adalah PPP yang hanya meraih 3,5 persen dan Perindo (1,5 persen). Selain itu, anggota koalisi Indonesia Maju yakni PSI dan Hanura juga diprediksi tidak lolos ke Senayan lantaran hanya meraih 1,3 persen dan 0,8 persen.

Sementara responden yang masih merahasiakan atau belum menentukan pilihan sebanyak 5,9 persen. Sedangnkan 6,4 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

Artikel lainnya: Liga Inggris: Man City Balik ke 4 Besar Usai Gebuk Everton, Chelsea Menang Terus

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait