Badan Geologi Ungkap Penyebab Gempa Guncang Sumedang 3 Kali Jelang Tahun Baru

  • Arry
  • 1 Jan 2024 12:12
Ilustrasi gempa(@pixie/unsplash)

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diguncang tiga kali gempa jelang Tahun Baru 2024. Lokasi gempa berada di darat. Ini analisa Badan Geologi dan BMKG soal penyebab gempa.

BMKG mencatat, gepa pertama terjadi pada 31 Desember 2023 pukul 14.35 WIB yang berkekuatan M 4.1. Gempa kedua terjadi pada pukul 15.38 WB, dan gempa ketiga terjadi pada pukul 20.34 WIB dengan kekuatan lebih besar yakni 4,8 M.

Berdasar analisa Badan Geologi Kementerian ESDM, gempa Sumedang ini diperkirakan berasal dari aktivitas sesar aktif yaitu Sesar Cileunyi – Tanjungsari.

Sesar Cileunyi – Tanjungsari merupakan sesar mendatar mengiri, sebarannya mulai dari selatan Desa Tanjungsari menerus ke timur laut hingga lembah Sungai Cipeles, dan nilai laju geser berkisar antara 0,19 - 0,48 mm/tahun.

Baca juga
Gempa Darat 4,8 Magnitudo Guncang Sumedang

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan, sesar aktif itu selama ini belum terpetakan.

"Wilayah Sumedang merupakan kawasan rawan gempa karena lokasi yang berdekatan beberapa jalur sesar aktif seperti sesar lembang, sesar baribis, dan sesar aktif lainnya yang belum teridentifikasi dan terpetakan," kata Dwikorita.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, yang dipicu aktivitas sesar aktif," jelasnya.

"Namun, untuk hasil akhir lebih mendalam yang didukung oleh data lapangan. hasil analisis mekanisme menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Dwikorita.

"Jadi saat ini tim kami BMKG sudah bergerak di lapangan terutama untuk menenangkan warga, kami selalu berkoordinasi dan kerja sama dengan pemda, terutama dengan Pj bupati dan jajarannya," ujarnya.

"Juga untuk melakukan kajian survei lapangan untuk memastikan penyebab sesungguhnya apa. Hasil analisis sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser," imbuhnya.


Dampak gempa >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait