Kisah Agus Pensiunan Polisi: Dinas di TimTim Kini Jadi Manusia Silver

  • Arry
  • 28 Sep 2021 10:32
Agus Dartono pensiunan polisi yang menjadi manusia silver #1(ist/ist)

Agus Dartono, pensiunan polisi yang menjadi manusia silver, ternyata pernah berdinas di Timor Timur (sekarang Timor Leste). Namun, kini dia terpaksa mengemis menjadi manusia silver demi mencukupi kebutuhan hidupnya.

Agus mengaku masuk menjadi anggota Polri pada 1982. Dia pensiun pada 2018 dengan pangkat terakhir Ajun Inspektur Polisi Dua.

Agus bercerita selama menjadi polisi, dia ditugaskan berangkat ke Timor Timur pada 1999, atau saat TimTim menggelar jajak pendapat apakah tetap bergabung ke Indonesia atau merdeka.

"Sebagai polisi diperintah pimpinan saya berangkat," kata dia pada Senin, 27 September 2021.

Baca Juga:
Cerita Aipda Purn Agus, Pensiunan Polisi yang Jadi Manusia Silver

Agus mengaku bertugas di Timtim selama satu tahun. Setelah dari Timtim, Agus kembali ke Semarang.

Namun, di masa pandemi ini Agus mengaku mengalami masalah ekonomi. Dia pun mengaku tertarik menjadi manusia silver yang mudah sekali mendapatkan uang.

"Baru sepekan terakhir. Saya lihat manusia silver cari uang kok mudah. Saya sedang tidak punya uang," ujarnya.

Agus mengaku saat ini terjarat utang di salah satu bank. Dia terpaksa mengambil utang di bank setelah pensiun dari kepolisian.

Baca Juga:
Heboh, Satpol PP Tangkap Pensiunan Polisi yang Jadi Manusia Silver

Sebagian uang pensiunnya digunakan untuk membayar utang tersebut. Selain itu, Agus mengaku masih emmiliki tanggungan seorang anak yang kuliah di perguruan tinggi di Kota Semarang.

Namun, kini Polrestabes Semarang tengah mencarikan pekerjaan yang layak bagi Agus dibanding menjadi manusia silver. "Misalnya sebagai security dan tetap berlaku segala persyaratan," kata Wakil Kepala Polrestabes Semarang Ajun Komisaris Besar Iga Dwi Perbawa Nugraha.

Menurut dia, setelah purna tugas Agus tak menjalin komunikasi dengan Persatuan Purnawirawan Polri. "Karena tidak aktif mungkin beban yang dia rasakan ditanggung sendiri," sebut Iga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait