Cerita Aipda Purn Agus, Pensiunan Polisi yang Jadi Manusia Silver

  • Arry
  • 27 Sep 2021 16:00
Pensiunan polisi ditangkap saat razia manusia silver oleh Satpol PP Kota Semarang(@satusuaraexpress.official/instagram)

Tak pernah terbayangkan bagi Agus Dartono harus mencari nafkah dengan mengemis dan menjadi manusia silver. Apalagi Agus adalah pensiunan polisi dengan pangkat terakhir Aipda.

Kisah Agus ini viral setelah pria berusia 61 tahun itu terjaring operasi yang dilakukan Satpol PP Semarang beberapa waktu lalu.

Agus yang terakhir berdinas di Pos Lantas Tembalang itu, mengaku terpaksa menjadi manusia silver di Semarang, Jawa Tengah. Hal itu karena kebutuhan ekonomi yang semakin mencekik.

“Enggak punya uang. Cari uang (jadi manusia silever) terus dapet Rp20 ribu malah kepegang Satpol PP. Saya bilang bekas anggota polisi,” kata Agus dikutip dari Fajar.co.id, Senin, 27 September 2021.

Baca Juga:
Heboh, Satpol PP Tangkap Pensiunan Polisi yang Jadi Manusia Silver

Aksi Agus menjadi manusia silver itu pun akhirnya diketahui Polrestabes Semarang. Kepolisian kemudian mendatangi rumah Agus untuk meminta keterangan.

“Beliau mengakui pantang menyampaikan apa yang dirasa kekurangan beliau selama ini. Beliau ingin tanggung sendiri,” kata Wakapolrestabes Semarang, I.G.A. Dwi Perbawa Nugraha.

Dwi pun memastikan akan memberi pekerjaan baru kepada Agus agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga:
Tega! Bayi 10 Bulan Dicat Silver dan Dibawa Mengemis

Selain itu, Polda Jawa Tengah pun memberikan bantuan berupa sembako dan uang kepada Agus. “Video viral sekitar Sabtu (25/9/2021) pukul 11.00, sekitar pukul 12.00 Kapolda langsung meluncurkan bantuan,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes M Iqbal Alqudusy, Minggu (26/9).

“Melalui salah seorang staf Polda, AKBP Purbaya, beliau langsung menyerahkan bantuan uang yang langsung diterima di rumah Pak Agus,” ujarnya.

Iqbal Alqudusy menjelaskan, Agus memilih menjadi manusia silver karena terdesak kebutuhan ekonomi.

Namun, Agus enggan meminta bantuan dari kerabat atau rekan-rekannya. Karena itulah dia memutuskan menjadi manusia silver.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait