Topi Ikonik Bicorne Napoleon Bonaparte Laku Dilelang Rp19 miliar

  • Arry
  • 27 Sep 2021 12:59
Topi Bicorne Napoleon Bonaparte Laku Dilelang Rp19 miliar(Artnet/artnet)

Napoleon Bonaparte adalah panglima perang asal Prancis yang berkuasa pada abad ke-18. Saat itu, Napoleon Bonaparte menguasai hampir seluruh dataran Eropa baik dengan diplomasi maupun peperangan.

Oleh karena itu tak mengherankan jika koleksi benda yang terkait dirinya memiliki daya tarik yang tinggi bagi para kolektor barang antik.

Dilansir dari laman Artnet, dilaporkan sebuah topi bicorne milik Napoleon Bonaparte laku terjual seharga 1,2 juta euro atau sekira Rp19 miliar. Topi itu dilelang di Rumah Lelang Sotheby's, Prancis.

Topi tersebut diyakini dikenakan Napoleon Bonaparte saat pertemuan dengan Alexander I dari Rusia saat menandatangani Perjanjian Tislit pada 7 Juli 1807.

Selain topi legendaris itu, Rumah Lelang Sotheby's juga melelang sepasang lilin perunggu berlapis emas yang dijual seharga 176 ribu euro; satu set pistol petugas flintlock seharga 126 ribu euro, dan tiga helai rambut kaisar yang terpisah (dua yang pertama berharga 18 ribu euro dan 13 ribu euro).

Kisah Topi Bicorne

Napoleon Bonaparte diketahui memiliki 120 topi bicorne. Topi-topi itu dibuat dengan bahan kain kempa hitam dan tali kulit bagian dalam yang terbuat dari sutera. Seluruh topi bicorne ini dibuat di perajin yang sama.

Seorang bangsawan Skotlandia, Sir Michael Shaw Stewart, kemudian membeli topi-topi itu melalui seorang perantara pada 1814.

"Saya tidak akan mengatakan berapa banyak yang akan saya berikan untuk itu tetapi setelah mendapatkannya saya tahu bahwa tidak ada harga yang akan menggoda saya untuk berpisah dengannya," tulisnya dalam buku hariannya saat itu.

"Saya menganggapnya sebagai hal yang paling aneh dan menarik untuk dimiliki dan saya tidak akan membuang-buang biaya atau perawatan untuk mendapatkannya kembali ke rumah," ucap Sir Michael.

Keluarga Sir Michael Stewart menyimpan topi-topi peninggalan Napoleon Bonaparte hingga akhirnya mereka menjualnya pada 2015 dengan harga 386.500 poundsterling atau sekira US$530 ribu.

Kini harganya melonjak tajam. Dan topi bicorne itu laku dilelang seharga US$ 1,4 juta.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait