Akun Aksi Kamisan Hilang Jelang Peringatan 17 Tahun, Ada Apa?

  • Arry
  • 18 Jan 2024 08:24
Aksi Kamisan, aksi HAM tang kerap digelar setiak Kamis di depan Istana Merdeka, Jakarta(@aksikamisan/x.com)

Akun media sosial X atau Twitter @AksiKamisan menghilang jelang aksi peringatan 17 tahun Aksi Kamisan. Acara peringatan ini akan digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada 18 Januari 2024.

Aksi Kamisan merupakan gerakan yang dilakukan korban pelanggaran HAM. Aksi ini kerap dilakukan setiap Kamis di depan Istana Merdeka, Jakarta. Aksi ini pertama kali digelar pada 18 Januari 2007.

Pegiat Aksi Kamisan sekaligus Anggota Divisi Pemantauan Impunitas Kontras Ahmad Sajali, mengakui akun tersebut sudah tidak bisa diakses sejak Rabu, 17 Januari pukul 13.00 WIB. Dia pun belum mengetahui kenapa akun tersebut tidak dapat diakses.

"Iya [hilang]. Kita udah ajuin handling juga ke Twitter [sekarang X]. Semoga bisa balik dalam waktu dekat," kata Ahmad Sajali.

Baca juga
Jokowi Akui Ada 12 Kasus Pelanggaran HAM Berat: Kasus 1965, Petrus, Hingga Trisakti

Sementara itu, salah satu pegiat Aksi Kamisan, Maria Katarina Sumarsih membenarkan, akun @AksiKamisan tidak dapat diakses. Menurutnya, hal itubukan karena akunnya sengaja dihilangkan oleh sejumlah pihak.

"Akun twitter Aksi Kamisan hilang karena ada hal teknis dan perubahan informasi mengenai profil akun [Twitter @AksiKamisan]," kata Sumarsih.

Sumarsiih yang merupakan ibunda dari Benardinus Realino Norma Irawan (Wawan) korban Tragedi Semanggi I itu juga menjelaskan, ada perubahan informasi pada profil akun tersebut.

Baca juga
Komnas Sebut Ada 11 Pelanggaran HAM di TWK, Apa Tanggapan KPK

"Perubahan pada informasi di profil akun X @AksiKamisan tersebut menyebabkan akun tidak bisa diakses untuk sementara. Dari informasi Twitter support, biasanya akun akan bisa diakses kembali 72 jam."

Aksi Kamisan yang akan digelar hari ini, 18 Januari akan dihadiri sejumlah organisasi seperti KontraS, PBHI, Wolidaritas Perempuan, ICJR, hingga Perempuan Mahardika.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait