Hadir di Desak Anies, Najwa Shihab Jadi Korban Pelecehan Komika Felixius Seda

  • Arry
  • 23 Jan 2024 22:24
Presenter Najwa Shihab(@matanajwa/instagram)

Presenter Najwa Shihab menjadi korban pelecehan verbal oleh komika bernama Felixius Seda. Pelecehan itu terjadi di acara Debat Anies yang digelar di Yogyakarta, Selasa, 23 Januari 2024.

Najwa Shihab datang ke acara Desak Anies dalam rangka untuk meliput acara tersebut. Dia hadir bersama kru dari Narasi TV.

Kehadiran Najwa Shihab kemudian disambut sang tuan rumah. Tak lama komika Felixius Seda melontarkan guyonan yang sama sekali tidak lucu dan melecehkan.

"Mbak Nana cantik banget bajunya putih-putih kayak sprei di rumah saya, rasanya jadi pengen nidurin," kata Felixius Seda di depan ribuan penonton.

Baca juga
Acara Desak Anies di Yogyakarta Dibatalkan Sepihak, Ini Aturan Kampanye di Museum

Pernyataan itu mendapat kecaman penonton. Seorang perempuan bernama Emma bahkan langsung protes dannaik ke panggung.

"Saya sangat menyayangkan mengapa ruang aman berdemokrasi yang sedang coba kita inisiasi bersama ini masih ada pembolehan, kewajaran menyampaikan materi yang sifatnya sexiest dan misoginis," kata Emma.

Panitia Minta Maaf ke Najwa Shihab

Ubah Bareng, panitia dan penanggung jawab acara Desak Anies, mengucapkan permintaan maaf atas tindakan yang tidak baik itu. Panitia pun mengakui Felixius Seda telah melontarkan pelecehan secara verbal terhadap Nana.

"Kami terkejut, kecewa, dan amat menyayangkan keluarnya bit objektifikasi perempuan secara impromptu di hadapan ribuan penonton yang hadir di lokasi dan mengikuti melalui live streaming," demikian salah satu pernyataan sikap yang diketik di layar.

Permintaan maaf Ubah Bareng ke Najwa Shihab

"Korban dengan besar hati mengatakan panitia tidak perlu meminta maaf secara terbuka, namun pernyataan ini tetap kami keluarkan sebagai bentuk pertanggungjawaban publik dari kami," tulis Ubah Bareng.

Ubah Bareng mengakui sudah melakukan briefing terhadap pengisi acara, termasuk ke komika Felixius Seda. Panitia sudah memberikan rambu agar tidak membahas soal SARA dan guyonan bersifat objektivikasi dan pelecehan.

"Namun kejadian ini menunjukkan bahwa antisipasi yang kami lakukan belum cukup, kami akan melakukan evaluasi secara serius dan memperbaiki SOP ke depan, termasuk penyeleksian dan perjanjian yang lebih ketat," tulis mereka.

Baca juga
Tren 'Desak Anies' Bikin Aksi 'Gemoy' Terdesak

Felixius Seda Minta Maaf di Depan Najwa Shihab

Akibat kejadian ini, Felixius Seda melalui akun Instagramnya, merekam permintaan maafnya di depan Najwa Shihab secara langsung.

"Saya Felixius Juang Seda meminta maaf kepada Mbak Najwa Shihab terkait gombalan saya waktu acara Desak Anies di Yogyakarta," katanya.

Najwa Shiab pun memaafkan Komika Felixius Seda.

"Mudah-mudahan bisa lebih sensitif dalam memilih jokes gitu ya, bisa terus belajar dari pengalaman ini. Bisa lebih reflektif dan menjadi komika yang lebih cerdas dalam memilih lawakan, lebih sensitif dan juga bisa memperbaiki diri," katanya.

"Iya dimaafkan asal bisa betul-betul jadi pembelajaran," jawab Nana saat Felix mengulangi permintaan maafnya.

Artikel lainnya: Kecelakaan Beruntun di Jalan Raya Puncak Hingga Truk Tabrak Toko, Ada Korban

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait