BPBD DKI: Waspada Cuaca Ekstrem di Jakarta Hingga 1 Februari

  • Arry
  • 30 Jan 2024 06:32
Ilustrasi hujan badai(ist/pixabay.com)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem hingga awal Februari 2024. Selain itu, warga juga agar mengantisipasi dari dampak yang akan terjadi.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Selasa, 30 Januari 2024.

Isnawa menjelaskan, berdasarkan informasi dari BMKG, ada potensi peningkatan curah hujan sedang hingga lebat pada 29 Januari-1 Februari 2024 di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi ini akibat dari aktivitas monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

"Masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan, serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia," jelasnya.

Isnawa pun mengimbau warga Jakarta bisa memantau informasi soal banjir melalui situs pantaubanjir.jakarta.go.id.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," ujar Isnawa.

Cuaca ekstrem Jakarta

Sementara itu BMKG memprediksi cuaca di Jakarta pada Selasa, 30 Januari 2024 akan turun hujan sepanjang hari.

BMKG merinci, pada siang hari, beberapa wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan diguyur hujan. Sedangkan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara cuacanya berawan.

Hujan disertai petir diprediksi kembali turun pada malam hari di sebagian wilayah di Jakarta. Suhu di Jakarta diprediksi berkisar 24 hingga 29 derajat Celsius.

BMKG juga memprediksi hujan turun sejak pagi hingga malam hari dengan intensitas ringan dan sedang di Kota Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Artikel lainnya: Viral Typo Rafael Struick di Jersey Saat Indonesia vs Australia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait