Survei Litbang Kompas Debat Capres: Anies Tertinggi, Prabowo Terakhir

  • Arry
  • 5 Feb 2024 14:00
Tiga paslon capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo(kpu ri/youtube)

Libang Kompas menggelar survei performa Anies baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo dalam debat pamungkas Pilpres 2024. Ketiga calon mendapatkan nilai yang baik, yakni di atas 7.

Survei Litbang Kompas ini digelar pada saat kesempatan Debat Pilpres yang digelar KPU, Minggu, 4 Februari 2024. Ada 1.0002 responden yang diwawancara Litbang Kompas.

Responden ditentukan secara acak oleh panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di tiap provinsi. Tingkat kepercayaan 95 persen, rata-rata margin of error penelitian untuk setiap kali debat +-6,93 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana

Survei ini untuk melihat penilaian publik terkait kemampuan ketiga capres menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas, penguasaan masalah, serta penampilan kandidat di atas panggung. Penampilan pakaian, sikap, dan ekspresi yang ditunjukkan setiap capres juga masuk dalam penilaian publik selama debat.

Baca juga
Survei Litbang Kompas Usai Debat Capres: Ganjar Teratas, Mayoritas Tak Puas Prabowo

Sebanyak 68,7 persen responden menyatakan menonton debat saat survei digelar.

Hasilnya, Anies Baswedan meraih skor 7,5 dalam menjawab pertanyaan, 7,4 dalam penguasaan topik, dan 7,9 dalam penampilan di atas panggung. Anies pun mendapat skor rata-rata 7,6 selama Debat Pilpres 2024.

Nilai yang diraih ini mengalami peningkatan jika dibandingkan saat debat pertama dan kedua capres. Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mendapat skor rerata 7,2 dalam debat pertama dan skor 7,5 dalam debat kedua capres.

Sementara itu untuk calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mendapatkan nilai 7,0 dalam hal menjawab pertanyaan, 7,0 dalam penguasaan topik, dan 7,4 dalam penampilan saat debat. Prabowo pun mendapat nilai rerata dalam debat kali ini adalah 7,1.

Skor terhadap Prabowo ini juga mengalami peningkatan jika dibanding dua debat sebelumnya. Ketua Uum Partai gerindra itu sebelumnya diganjar nilai 6,6 dan 7,0 dalam dua sesi debat sebelumnya.

Baca juga
Survei Litbang Kompas Debat Cawapres: Mahfud MD Kuasai Masalah, Cak Imin Ciamik

Sedangkan capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo mendapat skor 7,3 untuk kemampuan menjawab pertanyaan, 7,4 untuk penguasaan topik, dan 7,4 untuk penampilan di atas panggung debat. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun mendapat skor rerata 7,3.

Skor yang diraih Ganjar dalam Debat Capres pamungkas ini menurun dibanding saat debat capres edisi kedua. Saat itu Ganjar mendapatkan skor rerata 7,5. Meski demikian, pada debat pertama Pilpres, Ganjar hanya mendapatkan skor 7,0.

Untuk diketahui, debat pamungkas Pilpres 2024 mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Litbang Kompas menegaskan, survei ini seluruhnya dibiayai oleh Harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara).

Artikel lainnya: Kecelakaan Maut Bus Kader Partai Hanura: Kronologi, Penyebab, Identitas Korban Tewas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait