Heboh Prabowo-Gibran Menang Hasil Hitung Suara Pilpres di Luar Negeri, Ini Kata KPU

  • Arry
  • 8 Feb 2024 13:16
Surat Suara Pemilu(kpu/kpu.go.id)

Sebuah unggahan foto yang memperlihatkan hasil penghitungan suara Pilpres 2024 di luar negeri viral di media sosial. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di sejumlah negara.

Dari unggahan yang beredar terlihat hasil penghitungan suara di Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Singapura dan Arab Saudi. Prabowo-Gibran menguasai perolehan suara untuk dapil luar negeri.

Dari unggahan itu terlihat Prabowo meraup 83,2% suara di Malaysia, 85,2% suara di Korsel, 88,2% suara di Taiwan, 75,2% di Jepang, 80,2% di Singapura, dan 87,2% suara di Arab Saudi.

    Hasil penghitungan suara di luar negeri yang viral

Mengenai unggahan viral tersebut, Ketua KPU Hasyim Asy'ari buka suara. Dia memastikan postingan tersebut tidak benar.

Baca juga
Kampanye Prabowo-Giban di GBK dan AMIN di JIS 10 Februari, Ini Rekayasa lalu Lintas

"Publikasi hasil penghitungan suara Pemilu luar negeri tersebut adalah tidak benar," kata Hasyim kepada wartawan, Kamis, 8 Februari 2024.

Hasyim menjelaskan, pemungutan suara di luar negeri dilakukan sebelum tanggal 14 Februari 2024, atau lebih awal dibanding di dalam negeri. Pemungutan suara di luar negeri dilakukan dengan menggunakan 3 metode digunakan yakni TPS, via pos, dan Kotak Suara Keliling.

Meski pemilihan dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara tetap dilakukan bersamaan dengan Pemilu di dalam negeri, yakni pada 14 Februari.

"Penghitungan suara Pemilu luar negeri dilaksanakan bersamaan dengan waktu penghitungan suara pemilu dalam negeri yaitu pada tanggal 14-15 Februari 2024," jelasnya.

"Dengan demikian, bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar," ujarnya.

Artikel lainnya: Heboh Lamaran dengan Anggota TNI, Ini Kata Ayu Ting Ting

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait