Suara PSI Melonjak, Anies Singgung Partai Dipimpin Anak Presiden

  • Arry
  • 3 Mar 2024 20:42
Presiden Jokowi bersama Ketum PSI yang juga anaknya, Kaesang Pangarep(@psi_id/instagram)

Perolehan suara PSI dalam beberapa hari terakhir mengalami lonjakan tajam. Partai yang dipimpin Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu kini sudah meraih 3,13 persen suara atau mendekati ambang batas parlemen.

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan meminta seluruh pihak mengawasi penghitungan suara yang sedang dilakukan KPU. Hal ini agar tidak ada kecurigaan yang dapat membuat legitimasi pemilu menjadi rusak.

“Jangan sampai nanti membuat cacat pemilunya, kalau pemilunya cacat semua. Nila setitik rusak susu sebelanga,” kata Anies di Jakarta, Minggu, 3 Maret 2024.

“Begitu terjadi peristiwa seperti ini maka akan merusak semua, kalau merusak semua kepercayaan rakyat akan hilang terhadap proses pemilu kemarin,” ujarnya.

Baca juga
Suara PSI Melonjak 83 Ribuan Kurang dari 24 Jam, Ini Penjelasan KPU

“Pemerintah harus ikut bertanggung jawab walaupun ketuanya adalah anak presiden bukan berarti segala hal bisa dilakukan terhadap partai yang dipimpin oleh anak presiden,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Untuk diketahui, perolehan suara PSI naik tajam dalam waktu tiga hari atau dari 29 Februari hingga 2 Maret 2024 berdasarkan Sirekap KPU.

Dalam kurun tersebut, suara PSI bertambah dari 2.171.907 atau 2,86 persen menjadi 2.402.268 atau 3,13 persen pada Sabtu 2 Maret. Artinya, suara PSI bertambah 230.361 suara dalam tiga hari.

Kenaikan itu berdasarkan penghitungan suara di 2.240 TPS. Artinya, PSI memperoleh tambahan 203.361 suara dari 2.240 TPS. Atau tiap TPS, PSI rerata mendapatkan 90-91 suara.

Artikel lainnya: Diduga Akibat Ricuh di Lapangan Futsal, Anggota TNI Serbu Polres Jayawijaya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait