Timnas Indonesia vs Vietnam, Gol Tunggal Egy Menangkan Garuda

  • Arry
  • 21 Mar 2024 23:16
Timnas Indonesia(@pssi/twitter)

Timnas Indonesia meraih kemenangan perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuat Garuda menang tipis atas Vietnam lewat gol tunggal Egy Maulana Vikri.

Duel Indonesia vs Vietnam digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis, 21 Maret 2024. Dalam laga ini, Indonesia menurunkan dua pemain naturalisasi baru, yakni Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes sebagai starter.

Timnas Vietnam langsung tampil menekan sejak babak pertama dibunyikan. Hingga 10 menit pertama, Vietnam terus mengurung pertahanan Indonesia.

Timnas Indonesia baru bisa keluar dari tekanan saat memasuki menit ke-20. Peluang pertama Indonesia terjadi di menit ke-29. Tembakan Rafael Struick masih bisa diamankan kiper Vietnam, Filip Nguyen.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae Yong membuat perombakan pemain saat memasukkan Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, dan Sandy Walsh untuk menggantikan Nathan, Yakob Sayuri, dan Hokky Caraka.

Keputusan ini berbuah manis. Permainan Timnas Indonesia lebih dinamis dan terarah.

Pada menit ke-52, Indonesia akhirnya mampu menjebol gawang Vietnam. Gol bermula dari lemparan ke dalam Arhan yang langsung menuju kotak penalti Vietnam. Bola coba diblok barisan belakang Vietnam, namun bola liar justru mampir di kaki Egy yang dengan sigap langsung memasukkan bola ke gawang. Indonesia unggul 1-0.

Indonesia nyaris menjebol gawang Vietnam di menit ke-90. Sebuah aksi dari Arhan langsung memasuki sisi kiri kotak penalti. Dia kemudian melepaskan crossing mendatar kepada Egy, namun tembakan Egy masih bisa ditepis kiper.

Hingga pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta. Indonesia vs Vietnam 1-0.

Hasil ini menjadi kemenangan perdana Timnas Indonesia dalam penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia pun sementara naik ke peringkat dua dengan nilai 4. Sedangkan Vietnam turun ke posisi tiga dengan nilai 3.

Indonesia dan Vietnam akan kembali bertemu lima hari kemudian. Kali ini pertandingan akan digelar di Vietnam pada 26 Maret 2024.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Adisatryo; Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On (Egy Maulana Vikri 46'), Rizky Ridho (Ricky Kambuaya 80'), Justin Hubner; Yakob Sayuri (Sandy Walsh 46'), Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick (Ramadhan Sananta 87'), Hokky Caraka (Pratama Arhan 46').

Vietnam: Nguyen Filip; Vo Minh Trong (Ho Tan Tai 73'), Bui Tien Dung (Nguyen Van Toan 82'), Pham Xuan Manh, Do Hung Dung (Le Pham Thanh Long 73'), Nham Manh Dung (Nguyen Tien Linh 61'), Phan Tuan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Dinh Bac (Vu Van Thanh 61'), Nguyen Thai Son, Bui Hoang Viet Ang.

Artikel lainnya: Kisah Will Smith Kagumi Al-Qur'an dan Khatam 30 Juz Saat Ramadan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait