Bulutangkis Olimpiade: 4 Ganda Lolos, The Daddies dan Minions Bisa Ketemu di Final

  • Arry
  • 27 Jul 2021 13:21
Ganda putra Indonesia Muhammad Ahsan dan Hendra Setiawan(humas/badmintonindonesiaorg)

Peluang Indonesia mempertahankan tradisi emas Olimpiade dari cabang bulutangkis terbuka lebar. Empat ganda Indonesia sudah dipastikan lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020.

Empat ganda itu adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Marcus/Kevin memastikan diri sebagai juara grup A. The Minions meraih dua kali kemenangan dan sekali kalah. Dua kemenangan diraih atas pasangan Inggris Raya, Ben Lane/Sean Vendy dan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Satu-satunya kekalahan dialami pada laga pamungkas Grup A yang digelar hari ini, Selasa, 28 Juli 2021. Marcus/Kevin takluk dari pasangan Taiwan, Lee Yang/ Wang Chi-lin dengan skor 1-2 yakni 18-21, 21-15 dan 17-21. Meski kalah, The Minions tetap keluar sebagai juara grup sebab Rankireddy/Shetty mengalahkan Ben/Lean di laga pamungkas.

Sedangkan pasangan Hendra/Ahsan sukses menjadi pemuncak di Grup D. The Daddies menyapu bersih tiga laga di babak grup. Pada pertandingan hari ini, Hendra/Ahsan menang lewat rubber gim lawan pasangan Korea Selatan Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae 21-12, 19-21 dan 21-18.

Sehari sebelumnya, Praveen/Melati memastikan lolos ke perempat final sebagai runnep up grup C usai menang dua kali dan satu kali kalah. Dua kemenangan diraih Praveen/Melati atas pasangan Australia Gronya Somerville/Simon Leung dan pasangan Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Boje. Mereka hanya kalah dari pasangan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Lalu Greysia/Apriyani lolos ke perempat final dengan status juara grup A. Greysia/Apriyani menyapu bersih tiga laga di fase grup. Terakhir Greysia/Apriyani secara heroik mengalahkan pasangan nomor 1 dunia asal Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di pertandingan terakhir grup dengan 24-22, 13-21 dan 21-8.
Greysia/Apriyani

Dari keempat ganda itu, baru Praveen/Melati yang sudah diketahui lawannya di perempat final. Praveen/Melati akan melawan ganda campuran nomor 1 dunia asal China Zheng Siwei/Huang Yaqiong pada Rabu (28/7/2021).

Sementara tiga ganda lain masih menunggu hasil undian yang dilakukan nanti malam pukul 19.00 WIB. Namun dipastikan Hendra/Ahsan tidak akan berjumpa Marcus/Kevin karena sama-sama menjadi juara grup.

Indonesia juga masih menanti laga dari tiga wakil lainnya yakni Jonatan Christie dan Anthony Ginting yang bermain di nomor tunggal putra, dan Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait