Drama 6 Gol, Jepang ke Semifinal Piala Asia U-23 Usai Menang Lawan 10 Pemain Qatar

  • Arry
  • 26 Apr 2024 00:52
Timnas U-23 Jepang(afc asian cup/the-afc.com)

Timnas U-23 Jepang menjadi tim pertama lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Di babak perempat final, Samurai Biru menyingirkan Tuan Rumah, Qatar U-23 dalam drama 6 gol.

Duel Qatar U-23 vs Jepang U-23 digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Kamis, 24 April 2024. Dalam laga ini, Jepang menang 4-2 usai unggul jumlah pemain.

Jepang membuat kejutan usai Fuki Yamada berhasil menjebol gawang Qatar saat pertandingan baru berjalan dua menit. Yamada mencetak gol usai memanfaatkan blunder yang dilakukan pemain Qatar di kotak penalti.

Qatar langsung merespon usai tertinggal satu gol. Pada menit ke-24 Qatar berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Ahmed Al-Rawi.

Petaka bagi Qatar terjadi pada menit ke-41. Kiper mereka, Yousef Baliadeh diusir wasit usai kedapatan menendang perut Hosoya di luar kotak penalti. Kartu merah ini diberikan wasit usai melihat tayangan VAR.

Baca juga
Jadwal Lengkap Perempat Final Piala Asia U-23 2024: Indonesia vs Korea Selatan

Pelatih Qatar, Ilídio Fernando Torres do Vale, langsung melakukan perombakan tim. Dia memasukkan Ali Nader dan menggantikan dengan kiper Khaled Ali.

Meski unggul jumlah pemain, Jepang gagal menambah gol hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Qatar yang bermain dengan 10 orang justru mampu berbalik unggul di menit ke-49. Jassem Gaber berhasil menanduk bola dari umpan tendangan bebas Mostafa Meshaaal.

Jepang baru dapat dapat menyamakan kedudukan di menit ke-67 lewwat gol yang disarangkan Seiji Kimura. Delapan menit berselang, Jepang nyaris berbalik unggul, sayang tandungan bola Kein Sato masih dapat ditangkap kiper Qatar.

Jepang yang unggul jumlah pemain kesulitan membongkar pertahanan Qatar yang rapat. Babak kedua pun berakhir imbang. Penentuan pemenang pun harus dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak perpanjangan waktu ini, Jepang masih kesulitan untuk menambah pundigol. Sejumlah peluang terbuang sia-sia.

Upaya Samurai Biru akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-101. Mao Hosoya yang lepas dari kawalan lawan berhasil melepaskan tembakan dengan kaki kanannya yang membuat bola bersarang pojok kiri gawang Qatar.

Gol kemenangan Jepang pun lair pada babak kedua perpanjangan waktu. Pada menit ke-113, Kotaro Uchino mampu mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Gol tersebut mmastikan Jepang menang dengan skor 4-2. Jepang pun lolos ke semifinal Piala Asia U-23 dan akan menghadapi pemenang laga Iraq vs Vietnam.

Artikel lainnya: Artis Sinetron Monica Muller Ikut Terlibat Pesta Narkoba Bareng Chandrika Chika

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait