Ada 3 VAR, Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23 Usai Kalah 0-2 dari Uzbekistan

  • Arry
  • 30 Apr 2024 05:37
Timnas Indonesia vs Uzbekistan 0-2: pelanggaran terhadap Witan Sulaeman, namun wasit justru membatalkan memberikan tendangan bebas atau penalti untuk Indonesia usai melihat VAR(pssi/pssi)

Sepak terjang Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 akhirnya terhenti di semifinal Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda kalah 0-2 dari Uzbekistan.

Laga Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan U-23 dalam semifinal Piala asia U-23 digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin, 29 April 2024. Ada tiga insiden VAR yang memengauhi permainan Indonesia pada pertandingan ini.

Babak pertama, Uzbekistan langsung mengambil inisiatif penyerangan. Menit kelima, Abbosbek Fayzullaev mencoba tendangan jarak jauh, namun bola masih melayang di atas gawang.

Menit ke-14, Uzbekistan kembali mendapat peluang melalui Ulugbek Khoshimov. Namun, bola berhasil diamankan kiper Ernando Ari.

Pada menit ke-26, Witan Sulaeman dilanggar di luar kotak penalti oleh Abdukodir Khusanov. Wasit pun sempat mengecek tayangan VAR untuk kemungkinan Indonesia meraih penalti.

    Timnas Indonesia vs Uzbekistan 0-2: pelanggaran terhadap Witan Sulaeman, namun wasit justru membatalkan memberikan tendangan bebas atau penalti untuk Indonesia usai melihat VAR (PSSI)
Timnas Indonesia vs Uzbekistan 0-2: pelanggaran terhadap Witan Sulaeman, namun wasit justru membatalkan memberikan tendangan bebas atau penalti untuk Indonesia usai melihat VAR (PSSI)

Namun, usai melihat tayangan VAR, wasit menyatakan Abdukodir Khusanov tidak melanggar Witan. Wasit pun membatalkan keputusan memberikan tendangan bebas untuk Indonesia, juga kemungkinan penalti.

Indonesia mengalami kesulitan untuk mengembangkann permainan. Sedangkan Uzbekistan pun berulang kali gagal memanfaatkan peluang yang dimiliki. Hingga babak pertama usai, skor tetap imbang 0-0.

Baca juga
Babak I Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan U-23: 0-0

Di babak kedua, Uzbekistan melakukan sejumlah pergantian pemain. Menit ke-57 peluang dari Alisher Odilov di kotak penalti meleset dari sasaran.

Menit ke-61, Indonesia berhasil menjebol gawang Uzbekistan. Muhammad Ferrari sukses memanfaatkan kemelut yang terjadi dan menyepak bola ke gawang dengan kencang.

Namun, wasit kemudian menganulir gol tersebut usai melihat tayangan VAR.Wasit menilai sebelum gol terjadi, Ramadhan Sananta berdiri offside. Skor pun tetap 0-0.

Delapan menit kemudian, Uzbekistan yang justru berhasil unggul. Norchaev Khusain yang sukses menyambar umpan silang Mukhammadkodir Khamraliev. Uzbekistan memimpin 1-0.

Uzbekistan nyaris menggandakan keunggulan pada menit e-71 dan 78. Tandukan dari Abbosbek Fayzullaev dan Norchaev masih membentur tiang gawang.

Menit ke-83, kapten Rizky Ridho mendapat kartu merah. Keputusan ini diambil usai wasit melihat tayangan VAR. Wasit melihat Rizky Ridho melakukan pelanggaran terhadap Jasurbek Jaloliddinov.

Unggul jumlah pemain memudahkan Uzbekistan untuk menggandakan keunggulan. Empat menit berselang, gawang Indonesia kebali bergetar, kali ini dibobol pemainnya sendiri, Pratama Arhan yang salah mengantisipasi bola muntah di kotak penalti.

Hingga pertandingan usai, tak ada lagi gol teripta. Indoneia gagal lolos ke final Piala sia U-23.

Indonesia akan memperebutkan tempat ketiga dengan menghadapi Irak. Jika memenangi laga ini, Indonesia dipastikan akan lolos otomatis ke Olimpiade 2024 di Paris.

Artikel lainnya: Piala Uber 2024: Indonesia Menang Telak 5-0 Atas Uganda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait