Indonesia vs Irak: Kartu Merah, Penalti, Blunder Ernando Ari, Garuda Kalah 0-2

  • Arry
  • 7 Jun 2024 10:13
Indonesia vs Irak 0-2, Skuat Garuda mengalami kekalahan dan harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain dan blunder lini belakang. (pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia kalah dari Timnas Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona asia. Skuat Garuda dipecundangi Singa Mesopotamia dengan skor 0-2.

Duel Timnas Indonesia vs Irak digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024. Indonesia menurunkan 9 pemain yang berlaga di liga luar dan dua yang bermain di liga loal.

Indonesia langsung mendominasi pertandingan di awal babak pertama. Namun Irak yang memiliki peluang terlebih dahulu. Sepakan Osamah Rashid masih melebar dari gawang Ernando Ari.

Menit ke-16, Irak bahkan sempat menjebol gawang Indonesia saat Ibrahim Al-Kaabawi. Namun gol dianulir wasit lantaran ada pelanggaran offside.

Menit ke-20, Rafael Struick memiliki peluang saat berhadapan dengan kiper Irak. Sayang tembakannya mmasih bisa dihalau bek Irak. Di saat bersamaan, Rafael juga tak melihat Shayne Pattynama yang sudah berdiri kosong.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol tercipta. Skor Indonesia vs Irak 0-0.

Baca juga
Babak I Indonesia vs Irak 0-0, Ada Gol Dianulir Wasit

Di babak kedua, Irak tampil lebih menyerang, menyusul pergantian pemain Youssef Wali dan Ali Jassim yang menggantikan Bashar Bouyan dan Zidan Iqbal.

Menit ke-53, Justin Hubner melakuan pelanggaran handball. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Aymen Hussein yang menjadi algojo tuntas menunaikan tugasnya. Irak unggul 1-0.

Enam menit berselang, Indonesia harus bermain dengan 10 orang usai wasit mengusir Jordi Amat. Bek Timnas Indonesia itu mendapat kartu merah langsung usai melanggar keras Youssef Wali di muka kotak penalti Indonesia.

Shin Tae Yong merespons hukuman wasit ini. Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, dan Ivar Jenner masuk menggantikan Sandy Walsh, Thom Haye, dan Shayne Pattynama.

Pergantian pemain ini membuat Indonesia dapat tampil mengimbangi Irak meski bermain 10 orang. Namun pada menit ke-72 Indonesia kembali dihukum penalti usai Ernando Ari melanggar Ali Jassim di kotak penalti. Aymen Hussein yang kembali menjadi algojo, kali ini gagal menunaikan tugasnya. Tembakan Aymen melambung di atas gawang.

Indonesia nyaris menyamakan kedudukan lewat aksi Ragnar Oratmangoen. Peluang ini bermula Oratmangoen memanfaatkan kesalahan organisasi lini belakang Irak, tapi Jalal Hussein masih sigap.

Menit ke-88, Ernando Ari membuat blunder fatal. Kiper asal Persebaya itu gagal mengamankan bola backpass dari Asnawi. Bola justru dengan mudah diambil Ali Jassim. Bolanya bisa direbut, dengan mudah Ali Jassim bisa menceploskan bola.

Hingga pertandingan selesai, Indonesia dan Irak tidak bisa menambah gol. Skor 0-2 untuk kemenangan tim Lins of Mesopotamina.

Hasil ini membuat Indonesia masih tertahan di posisi kedua dengan nilai 7. Sedangkan Irak di posisi puncak dengan nilai sempurna 15. Sementara Vietnam di posisi ketiga dengan nilai 6 usai mengalahkan Filipina 3-2.

Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Asalkan, di laga pamungkas Grup F, Garuda menang atas Filipina.

Artikel lainnya: PP Muhammadiyah Tarik Dana dari BSI, Anwar Abbas Ungkap Alasannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait