Shin Tae Yong: Indonesia Sudah Takut Sebelum Bertanding Lawan Australia

  • Arry
  • 27 Okt 2021 07:28
Timnas U-23 Indonesia(pssi/twitter)

Timnas U-2 Indonesia kalah dari Australia 2-3 dalam penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Pelatih Shin tae Yong menyoroti soal kepercayaan diri Witan Sulaeman Cs dalam pertandingan tersebut.

Timnas U-23 Indonesia tampil tertekan nyaris sepanjang pertandingan yang berlangsung di Tajikistan, Selasa, 26 Oktober 2021.

Pada babak pertama pertandingan berakhir dengan skor 0-0. Indonesia nyaris kebobolan saat Australia mendapat hadiah tendangan penalti. Namun kiper Ernando Ari mampu menangkap bola sepakan penyerang Australia, Patrick Wood.

Pada babak kedua, Australia berhasil unggul cepat. Mereka dua kali membobol gawang Indonesia dalam waktu 5 menit.

Baca Juga
Hasil Indonesia vs Australia 2-3, Witan Sulaeman Cetak Gol Indah

Pada menit ke-55, Marc Tokich menjebol gawang Indonesia. Dan lima menit kemudian giliran Patrick Wood mengecok kiper Ernando Ari. Indonesia sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol cantik Witan Sulaeman.

Namun, lagi-lagi Australia memperlebar keunggulan menjadi 3-1 melalui Jacob Italiano di menit ke-79. Dan pada menit ke-85, Taufik Hidayat memperkecil skor menjadi 2-3. Skor ini bertahan hingga akhir pertandingan.

Usai laga, Shin Tae-yong kecewa melihat mental pemain Timnas U-23 Indonesia. Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, Indonesia sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengimbangi permainan Asutralia.

"Pemain Timnas U-23 Indonesia sudah ketakutan sebelum pertandingan," kata Shin Tae Yong dalam rilis PSSI.

"Mereka takut karena melihat kondisi fisik (termasuk postur) pemain Timnas U-23 Australia lebih baik dan kuat," ujarnya.

"Padahal, kemampuan atau skill pemain Timnas U-23 Indonesia tidak kalah dari Australia. Namun, mereka gagal menunjukkan permainan terbaik karena sudah ketakutan sebelum bertanding," ujarnya.

"Saya sangat berharap pemain Timnas U-23 Indonesia bisa lebih percaya diri lagi pada pertandingan kedua nanti," ujarnya.

Meski mengalami kekalahan, Timns U-23 Indonesia masih memiliki peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Syaratnya, Indoensia harus mengalahkan Australia dengan margin dua gol pada pertemuan kedua.

Leg kedua Indonesia vs Australia akan kembali digelar di Republican Central Stadium. Pertandingan dijadwalkan dihelat pada Jumat, 29 Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait