Piala AFF: Bantai Laos 5-1, Indonesia Gusur Malaysia dari Puncak Klasemen

  • Arry
  • 13 Des 2021 06:24
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020(@pssi/twitter)

Timnas Indonesia kembali meraih 3 poin penuh di laga kedua Piala AFF 2020. Dalam petandingan kedua fase Grup B, Indonesia mengalahkan Laos 5-1.

Bertanding di Bishan Stadium, Singapura, Minggu, 12 Desember 2021, skuat Garuda tampil lebih meyakinkan dan unggul dalam penguasaan bola dibanding Laos.

Pada babak pertama, Indonesia unggul di menit ke-23 melalui sepakan Asnawi Mangkualam dari titik penalti. Kemudian Irfan Jaya menggandakan keunggulan Indonesia di menit ke-25.

Laos sempat memperkecil kedudukan menjadi 1-2 saat Kydavone Souvanny berhasil menjebol jala gawang Indonesia yang tak mampu ditepis kiper Ernando Ari. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong menambah sejumlah amunisi bagi Indonesia. Masuknya Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Ramai Rumakiek menambah daya gedor lini serang skuat Merah Putih.

Hasilnya, Indonesia menambah tiga gol di babak kedua. Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Evan Dimas Darmono membawa Indonesia unggul telak 5-1 atas laos.

Dengan kemenangan ini, Indonesia menggusur Malaysia dari puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020. Tim Merah Putih mengoleksi 6 poin dari dua kemenangan dengan selisih gol 6.

Malaysia sendiri mengalami kekalahan 0-3 dari Vietnam dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020. Nguyen Quang Hai, Nguyem Cong Phuong, dan Nguyen Hoang Duc membawa Vietnam memenangi laga ini.

Kemenangan ini membawa Vietnam menyamai perolehan poin dengan Indonesia. Vietnam sama-sama mengoleksi 6 angka dengan selisih gol 5.

Ada dua versi klasemen yang beredar. Berdasarkan laman Federasi Sepak Bola ASEAN, Indoensia memuncaki klasemen Grup B. Namun berdasarkan data di laman AFF Suzuki Fup 2020, Vietnam yang berada di peringkat 1.

Pada pertandingan selanjutnya, Indonesia dan Vietnam akan saling bentrok pada Rabu, 15 Desember 2021 pukul 19.30 WIB. Setelah itu, Indonesia akan bertemu Malaysia pada 19 Desember.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait