Jelang Indonesia vs Singapura, Singapura Larang Fans RI Bawa Bendera Merah Putih

  • Arry
  • 22 Des 2021 08:35
Suporter Timnas Indonesia(humas/pssi.org)

Duel Indonesia vs Singapura di semifinal Piala AFF 2020 akan digelar hari ini, Rabu, 22 Desember 2021. Namun, ada kabar tak sedap diembuskan tuan rumah. Suporter Garuda dilarang mengibarkan atribut Merah Putih di stadion.

Pertandingan Indonesia vs Singapura akan digelar dua kali. Leg pertama akan digelar di National Stadium, Singapura, hari ini pukul 19.30 WIB. Sedangkan leg kedua akan digelar pada 25 Desember 2021.

Melalui akun facebooknya, Federasi Sepakbola Singapura atau FAS meminta agar suporter Indonesia yang hadir di National Stadium tidak membawa atribut bendera Merah Putih. Alasannya, Indonesia masih disanksi oleh Bdan Antidoping Dunia atau WADA.

Baca Juga
Disanksi WADA, RI Tak Boleh Gelar Turnamen dan Kibarkan Merah Putih

"Pengingat untuk semua teman-teman Indonesia yang menuju Stadion Nasional hari ini: Badan Anti-Doping Dunia atau WADA telah melarang bendera nasional Indonesia di semua acara olahraga karena ketidakpatuhan terhadap Kode Anti Doping Sedunia. Kami ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tulis FAS pada 18 Desember lalu.

Pernyataan Federasi Sepakbola Singapura Soal larangan Suporter Indonesia bawa Bendera Merah Putih ke stadion

Indonesia saat ini memang tengah disanksi WADA lantaran tidak patuh pelaporan doping. Hukumannya, Indonesia tidak dapat mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional. Selain itu, Indonesia juga tidak boleh menggelar turnamen olahraga internasional.

Baca Juga
Piala AFF: Indonesia vs Kamboja, Bendera Merah Putih Dilarang Berkibar

Hukuman ini tak hanya diterima Indonesia, Tapi juga Thailand. Negara Gajah Putih itu juga berpartisipasi dalam Piala AFF 2020.

Selama Piala AFF 2020, Timnas Indonesia memang tidak mengenakan atribut Merah Putih. Sebagai gantinya, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan memakai simbol Garuda Pancasila selama turnamen.

Baca Juga
Bendera Merah Putih, Ini Beda Milik Indonesia dan Monako

Namun apakah aturan ini juga berlaku untuk suporter?

Ketua Gugus Tugas, ex-officio Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, menilai aturan dari Federasi Sepakbola Singapura tidak tepat.

Baca Juga
Hasil Piala AFF: Ganyang Malaysia 4-1, Indonesia Lolos ke Semifinal

Bahkan Okto sudah menanyakan detil aturan penggunaan bendera Merah Putih ke Sekjen WADA, Olivier Niggli dan Direktur Regional Anti-Doping Eropa dan Relasi Federasi Internasional, Sébastien Gillot pada Rabu, 8 Desember 2021.

"NOC Indonesia bertanya langsung karena banyak yang mengira sanksi Indonesia sama seperti sanksi Rusia. WADA menegaskan sanksinya berbeda," kata Okto, Jumat, 10 Desember.

"Tidak ada larangan bagi Indonesia untuk menggunakan atribut bendera Merah Putih di seragam atau jersey pemain. Jadi saya kira ini sudah jelas," ujarnya.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait